Panji Petualang Mantap Berhijrah usai Divonis Diabetes

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 23:38 WIB
loading...
Panji Petualang Mantap Berhijrah usai Divonis Diabetes
Panji Petualang mantap berhijrah. YouTuber dengan nama asli Muhammad Panji ini mengaku meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan. Foto/YouTube.
A A A
JAKARTA - Panji Petualang mantap berhijrah sejak satu tahun terakhir ini. YouTuber dengan nama asli Muhammad Panji ini mengaku pilihan tersebut dilakukan guna meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan.

Diketahui, Panji saat ini divonis mengidap diabetes. Bahkan, kadar gula darahnya sempat mencapai 500. Penyakit itu juga membuat mentalnya cukup terganggu.



"Karena aku tuh jarang sakit paling tipes gitu kan, sekalinya kena vonis diagnosa diabet, waduh itu benar-benar kayak yang 'hah diabet'," ucap Panji Petualang saat ditemui awak media di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2023).

Seiring berjalannya waktu, Panji merasa harus meningkatkan rasa syukurnya kepada Tuhan.

Apalagi, kondisi kesehatan pria kelahiran 27 Juli 1989 itu sudah berangsur membaik.

"Hijrah sih, saya lebih ke punteun, sholat, bersyukurnya sih gitu, lebih ke ngerubah perilaku, yang tadinya mungkin masih ngeretek lah kalau kata orang Sunda mah. Lebih soft lagi, ya lebih banyak hamdalah lah, Alhamdulillah," ujarnya.

"Udah hampir setahun ini sih hijrah mah. Jadi Islamnya Islam, bukan KTP, Insyaallah," kata Panji Petualang.



Panji mengaku rutin mengikuti kajian religi yang lewat YouTube. Namun, dia juga sering belajar dengan guru ngajinya sewaktu kecil.

"Nggak ada, paling di YouTube, gitu aja. Saya ada guru juga deket rumah, guru ngaji saya dari kecil, karena saya kan nggak pindah-pindah," ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)