5 Fakta Irjen Chryshnanda Dwilaksana, Jenderal Polisi Bergelar Profesor yang Menyukai Seni

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:13 WIB
loading...
5 Fakta Irjen Chryshnanda Dwilaksana, Jenderal Polisi Bergelar Profesor yang Menyukai Seni
Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana merupakan salah satu perwira tinggi (pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosok Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Dia merupakan salah satu perwira tinggi (pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Polri ).

Chryshnanda Dwilaksana lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 3 Desember 1967. Sebagai anggota kepolisian, dia dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan ramah.

Lantas, siapakah sebenarnya Irjen Chryshnanda Dwilaksana ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak sederet fakta Chryshnanda Dwilaksana berikut ini.

Fakta Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana

1. Kasespim Lemdiklat Polri


Saat ini Chryshnanda Dwilaksana tengah mengemban tugas sebagai Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polisi Republik Indonesia (Kasespim Lemdiklat Polri). Jabatan tersebut telah ditempatinya sejak akhir tahun 2022 lalu.

Waktu itu namanya masuk dalam daftar mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Chryshnanda yang sebelumnya tengah menjabat Dirkamsel Korlantas Polri diangkat menjadi Kasespim Lemdiklat Polri.

Pada posisi barunya itu, Chryshnanda menggantikan Irjen Herry Rudolf Nahak. Sejalan dengan jabatan baru ini, dia juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) alias bintang dua.

2. Jebolan Akpol 1989


Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana diketahui sebagai jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989. Dia menjadi salah satu lulusan angkatan tersebut yang telah berhasil menembus pangkat perwira tinggi (Pati).



Selain Chryshnanda sendiri, terdapat banyak alumni Akpol 1989 lain yang namanya sudah cukup dikenal. Di antaranya seperti Komjen Agus Andrianto (Wakapolri), Komjen Ahmad Dofiri (Irwasum Polri), dan lain sebagainya.

3. Memiliki Gelar Profesor


Pada perjalanannya, Chryshnanda Dwilaksana juga sempat melanjutkan pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 1998. Kemudian, dia masuk Universitas Indonesia (UI) hingga meraih gelar Doktoral Studi Kajian Ilmu Kepolisian (2005).

Tahun 2020 lalu, Chryshnanda diangkat menjadi profesor dalam bidang kajian ilmu kepolisian. Ketentuan ini tertuang dalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70393/MPK/KP/2020 tertanggal 13 Agustus 2020 yang ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Kemudian, Chryshnanda juga dikukuhkan sebagai Guru Besar PTIK pada 21 Juni 2021 lalu.

4. Banyak Tempati Posisi Strategis


Melihat sepak terjangnya di kepolisian, Irjen Chryshnanda Dwilaksana telah banyak menempati posisi strategis. Pada tahun 2012, dia menjadi Dirlantas Polda Metro Jaya.

Sekitar dua tahun berselang, dia beralih menjadi Karo Ops Polda Jambi. Namanya semakin dikenal ketika ditunjuk menjadi Kabidbingakkum Korlantas Polri (2015).

Kemudian, pada tahun 2017 Chryshnanda diangkat menjadi Dirkamsel Korlantas Polri. Lima tahun lebih menjabat, barulah dia pindah tugas sebagai Kasespim Lemdiklat Polri.

5. Pencinta Seni


Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menjadi salah satu Pati Polri yang memiliki jiwa seni. Dia juga terus berupaya untuk melestarikan berbagai budaya yang dimiliki Indonesia.

Selain bertugas sebagai anggota Polri, Chryshnanda juga diketahui aktif dalam banyak komunitas seni dan budaya. Pada Juni 2023 lalu, dia juga turut menghadiri pembukaan pameran seni bonsai dan suiseki yang diadakan Sespim Lemdiklat Polri.

Itulah deretan fakta terkait Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana yang menarik diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)