Nikmati Wisata Kebun Teh di Korea Selatan

Senin, 30 Januari 2017 - 15:19 WIB
Nikmati Wisata Kebun Teh di Korea Selatan
Nikmati Wisata Kebun Teh di Korea Selatan
A A A
SEOUL - Korea Selatan memiliki tempat wisata yang beragam diantaranya adalah Hadong di Gyeongsangnam-do dan Boseong di Jeollanam-do . Dua daerah ini terkenal dengan destinasi kebun teh ala Korea Selatan. Lantaran dua daerah produsen teh terbesar di Korea dan rumah dari produksi teh hijau dan memiliki sejarah panjang dalam budaya produksi daun teh Korea.

Dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews, Boseong sendiri terkenal karena pemandangan menakjubkan berupa kebun teh yang amat luas dan kuliner lokal yang nikmat. Hadong merupakan daerah pertama yang menanam pohon teh dan beberapa pohon teh pertama tersebut masih ada hingga saat ini. Kebun-kebun teh di Hadong tumbuh di lereng Pegunungan Jirisan dengan latar belakang sungai Seomjingan.

Wisatawan dapat mulai wisata kebun teh ala Korea di Hadong yang menjadi tempat bersejarah dimana pohon teh pertama tumbuh 1.200 tahun yang lalu dan masih hidup hingga saat ini. Setelah mengunjungi pohon teh pertama yang terletak di Desa Seogmun wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke “Sibaeji Dajeong” atau Taman dimana Pohon Teh Pertama Tumbuh di puncak bukit untuk menikmati pemandangan kebun teh, sungai Ghwagaecheon dan Jalan Simni (10ri) Cherry Blossom yang indah.

Jika pengunjung lebih senang menghabiskan waktu dalam ruangan maka Pusat Budaya Teh Hijau (Green Tea Culture Center) terletak di Kuil Ssanggyesa adalah tempat yang tepat untuk relaksasi selagi menikmati teh hijau. Pusat Budaya Teh Hijau menampilkan beragam teh hijau, sejarah budaya teh hijau juga berbagai artefak sejarah Teh Hijau di Korea yang menjadikan Teh Hijau Hadong unik.

Pengunjung juga dapat mencoba membakar daun teh untuk kemudian diseduh dan dinikmati dalam upacara minum teh ala Korea yang unik. Wisatawan dapat belajar etika dalam upacara minum Teh dengan alat-alat yang telah disediakan untuk digunakan dalam upacara minum teh.

Hadong sendiri memiliki Delapan Pemandangan Indah Dawon yang terletak di Agyang-myeon dengan Museum Budaya Teh menjadi salah satu pusat wisatanya. Museum tersebut menawarkan kegiatan pemuatan teh, menanam teh, ruangan upacara minum teh dan museum.

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1963 tersebut dipelihara menjadi kebun ramah lingkungan menggunakan metode berkebun yang alami. Turis dapat berkeliling di kebun teh melalui jalur yang telah disediakan, memetik langsung daun-daun teh untuk diseduh langsung di rumah teh.

Daehan Dawon di Boseong meruapakan kebun teh hijau paling indah di Korea. Tidak hanya terpilih sebagai salah satu dari ’50 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Korea’ oleh CNNgo, Daehan Dawon juga menjadi salah satu dari ’31 Pemandangan Terindah di Bumi’ oleh CNN. Pohon-pohon teh hijau yang tidak habis seluas pandangan mata merupakan keindahan ala Daehan Dawon yang tidak boleh dilewatkan.

Pengunjung dapat menikmati wisata di kebun teh dengan mengikuti jalur yang telah disediakan di antara pohon-pohon teh menuju observatori yang terletak di puncak bukit. Museum teh Korea terletak cukup dekat dari kebun teh Daehan Dawon untuk mempelajari lebih lanjut sejarah budaya teh hijau, siklus hidup teh hijau serta sejarahnya di Korea.

Boseong menawarkan beragam kuliner menggunakan teh hijau sebagai bahan utama yang enak. Hidangan yang sedam dan sehat tersebut mulai dari camilan ringan hingga makanan berat yang mengenyangkan setelah perjalanan panjang di kebun teh. Pengunjung dapat menikmati es krim green tea, mie dingin teh hijau dan tteok-galbi (daging iga bakar) teh hijau. Uniknya, di Dawon Lounge pengunjung dapat menikmati beragam minuman dan makanan bernuansa teh hijau yang seluruhnya diproduksi dari teh lokal di kebun Daehan Dawon.

Informasi selengkapnya mengenai transportasi, jadwal operasional, biaya, dan sebagainya dari lokasi-lokasi wisata yang disebutkan diatas dapat di lihat melalui website Visitkorea.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8341 seconds (0.1#10.140)