Penderita Inkontinensia Urine Meningkat, Softex Hadirkan Popok Lansia

Rabu, 29 Juli 2020 - 23:03 WIB
loading...
Penderita Inkontinensia Urine Meningkat, Softex Hadirkan Popok Lansia
Softex Indonesia memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow untuk membantu penderita inkontinensia urine. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Adanya peningkatan harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai usia 66 tahun memberikan pengaruh terhadap peningkatan jumlah usia lanjut . Adapun salah satu masalah gangguan kesehatan yang banyak dialami lansia adalah inkontinensia urine (IU). Untuk itu diperlukan perhatian serius dan langkah yang tepat sebagai solusi dari permasalahan ini.

(Baca juga: Edukasi soal SKM Penting untuk Berantas Stunting )

Melihat meningkatnya IU di Indonesia, PT Softex Indonesia melalui brand Confidence memperkenalkan Confidence Adult Pants Heavy Flow. Produk ini dihadirkan khusus untuk pengguna dengan kondisi inkontinensia berat karena memiliki daya tampung besar sebagai jawaban atas kebutuhan utama pengguna.

IU merupakan salah satu gejala dalam suatu sindrom klinis berupa melemahnya otot kandung kemih sebagai penahan keluarnya urine yang kerap dialami orang usia lanjut dengan ditandai pengeluaran urine tanpa disadari. IU terdiri dari tiga tipe. Pertama, urine bocor keluar di saat stres atau terjadi tekanan di kandung kemih. Kedua, tidak dapat menahan buang air kecil ketika dorongan untuk itu muncul. Ketiga, merupakan golongan IU berat, terjadi karena kandung kemih sama sekali tidak mampu menampung urine, sehingga penderitanya tidak bisa mengontrol keluarnya urine.

(Baca juga: Hidup di Negara Tropis, Banyak Anak Indonesia Kurang Vitamin D )

Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, Nirma Sofiawati, memparkan bahwa keunggulan teknologi daya serap yang besar mampu mencegah terjadinya kebocoran pada produk Confidence Adult Pants Heavy Flow. "Kapasitas memang ditentukan oleh banyaknya urine yang keluar, namun Confidence Pants Heavy Flow memiliki kapasitas 6 kali daya serap, di mana ini diatas rata-rata popok dewasa tipe pants lainnya," kata Nirma dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/7).

"Apabila penggunaan 6 kali buang air kecil dengan urine keluar persatukalinya normal maka tidak akan terjadi kebocoran. Penggunaannya pun tidak perlu merasa khawatir apabila digunakan sepanjang malam," lanjutnya.

Dengan kemampuan masa pakai yang lebih lama, lanjut Nirma, Confidence Pants Heavy Flow tidak mengakibatkan rasa gatal dan iritasi pada kulit yang disebabkan bakteri, karena sudah teruji secara klinis dan Hypoallergenic Approved by Australian Dermatologist. Kandungan SAP Anti Bacteria yang terdapat pada Confidence Pants Heavy Flow dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gatal dan mencegah terjadinya iritasi kulit.

(Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan jika Anak Kembali ke Sekolah )

Selain itu, material yang digunakan untuk popok dewasa Confidence sudah masuk ke dalam kategori food grade sehingga ramah lingkungan dan aman untuk digunakan manusia. Saat ini, PT Softex Indonesia tengah melakukan sustainability project pada produk-produknya agar ramah terhadap lingkungan dan dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai. "Sebagai pilot project, kami sedang mencobanya pada produk popok bayi, namun ke depannya kami akan aplikasikan ke seluruh produk PT Softex Indonesia lainnya," tutup Nirma.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)