3 Cara Menjaga Hutan agar Tetap Lestari, Salah Satunya Tebang Pilih

Senin, 14 Agustus 2023 - 20:03 WIB
loading...
3 Cara Menjaga Hutan agar Tetap Lestari, Salah Satunya Tebang Pilih
Hutan memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan di bumi. Namun, kerusakan hutan kerap terjadi. Hal ini tentu berdampak pada kondisi hutan, khususnya di Indonesia. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Hutan memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan di bumi. Namun, kerusakan hutan kerap terjadi. Hal ini tentu berdampak pada kondisi hutan, khususnya di Indonesia.

Bacaleg DPR RI Dapil Jateng 3 Partai Perindo Transtoto Handadhari mengatakan sekira 60 sampai 70 hektare hutan di Indonesia rusak disebabkan oleh penebangan liar, kebakaran hingga alih fungsi menjadi perkebunan sawit dan tambang.

"Kerusakan hutan itu kalau dihitung biaya mencapai Rp7.500 triliun dan membutuhkan waktu sekitar 200-300 tahun untuk memeprbaikinya," ujar Transtoto Handadhari seperti dikutip dari Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Miris! Hutan Indonesia Semakin Rusak, Solusinya Bagaimana? pada Senin (14/8/2023).

Untuk itu, Transtoto mengajak generasi muda untuk membantu melestarikan hutan.

"Ya melakukan penanaman pohon. Kalau ada pohon yang ditebang harus ada pohon yang ditanam," tutur dia.

Lantas bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan? Berikut ulasannya.

1. Melakukan tebang pilih

Tidak bisa dipungkiri setiap manusia membutuhkan kayu dalam hidupnya. Namun tetap, salah satu solusi agar hutan tetap terjaga dengan melakukan tebang pilih. Sebaiknya tebang pohon yang sudah cukup tua, nyaris mati, atau yang akan roboh.

"Saya punya pohon jati yang sudah tersambar petir. Itu saya jual laki Rp1 miliar. Ya saya jual karena tinggal setengah batangnya. Kalau pohon jati lain tidak saya jual," ujar Transtoto.

2. Menanam pohon

Selanjutnya juga harus menanam pohon untuk mengganti pohon yang sudah ditebang. Menanam pohon dilakukan dalam skala besar atau disebut juga dengan reboisasi.

3. Merawat hutan

Generasi muda juga disarankan untuk merawat hutan. Merawat hutan sendiri seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pembakaran hutan, menjaga kelestarian hewan yang ada di dalam hutan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)