Umat Buddha Larut dalam Kegembiraan HUT ke-45 SMI di Vihara Lalitavistara Cilincing

Senin, 14 Agustus 2023 - 19:56 WIB
loading...
Umat Buddha Larut dalam Kegembiraan HUT ke-45 SMI di Vihara Lalitavistara Cilincing
Ratusan umat Buddha menghadiri puncak perayaan HUT ke-45 Sangha Mahayana Indonesia (SMI) digelar di Vihara Lalitavistara, Cilincing, Jakarta Utara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ratusan umat Buddha menghadiri puncak perayaan HUT ke-45 Sangha Mahayana Indonesia (SMI) digelar di Vihara Lalitavistara, Cilincing, Jakarta Utara. Acara ini digelar untuk memberikan kesempatan umat Buddha melatih diri dengan berdana kepada anggota Sangha.

Ada sebanyak 100 anggota Sangha yang terdiri dari bhiksu, biksuni, sramanera, dan sramaneri. Serta ada 100 orang volunteer. "Tujuan acara ini adalah memberikan kesempatan umat Buddha untuk melatih diri dengan berdana kepada anggota Sangha," ungkap Bhiksu Duta Kshanti Sthavira (Ketua Panitian Pravaraja Sangha Mahayana Indonesia) dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Sangha Mahayana Indonesia (SMI) merupakan wadah persatuan (persamuan) Sangha tradisi Mahayana di Indonesia yang terbentuk pada 12 Agustus 1978 di Vihara Buddha Murni Tanjung Morawa, Sumatera Utara.

Selama 30 tahun lebih, SMI di bawah kepemimpinan YM Bhiksu Dharmasagaro Mahasthavira dan setelah beliau menjadi Dewan Sesepuh SMI, diteruskan oleh YM Bhiksu Kusalasasana Mahasthavira hingga saat ini yang tak terasa telah mencapai usia 45 Tahun.

Selama itu pula, Sangha Mahayana Indonesia memberikan sumbangsihnya pada Bangsa dan Negara Indonesia, khususnya dalam pembinaan umat Buddha Mahayana di Indonesia.

Mereka juga bertanggung jawab secara moral untuk membimbing umat Buddha agar dapat menghayati Dharma dan meningkatkan Bodhicitta.

Termasuk Buddha Dharma khususnya tradisi Mahayana di persada Indonesia yang sangat kita cintai ini.


Tepat pada tanggal 12 Agustus 2023, Sangha Mahayana Indonesia merayakan HUT yang ke-45. Untuk menyambut hari penting tersebut, maka pada 27 Juli–13 Agustus 2023 diadakan program Pravaraja Sramanera, Sramaneri, Asthasila Sangha Mahayana Indonesia, yang diadakan di Rumah Werdha de Liang, Leuwiliang.

Progam Pravaraja ini diadakan dengan harapan segenap umat Buddha Mahayana dapat merasakan kehidupan monastik. Program Pravaraja Sramanera, Sramaneri, Asthasila yang dilaksanakan oleh Sangha Mahayana Indonesia diketuai oleh Y.M. Bhiksu Duta Ksanthi Sthavira.

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam jangka waktu 1 tahun sekali," katanya. Program ini diawali dengan dilakukannya Upacara pencukuran oleh Ketua Umum Sangha Mahayana Indonesia yang diwakili oleh Bhiksu Duta Smrti Sthavira pada tanggal 29 Juli 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)