Cara Mudah Sembuh dari Batuk, Ahli Sarankan Minum Air Putih Hangat

Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:01 WIB
loading...
Cara Mudah Sembuh dari Batuk, Ahli Sarankan Minum Air Putih Hangat
Batuk menjadi salah satu penyakit paling sering dialami masyarakat. Foto/familypracticecenterpc.
A A A
JAKARTA - Batuk menjadi salah satu penyakit paling sering dialami masyarakat. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, ada cara mudah menyembuhkan batuk yang mungkin belum banyak diketahui. Apa itu?

Menurut Ahli Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama, untuk mengatasi masalah batuk , cara termudahnya adalah banyak minum air putih hangat.



"Banyak minum itu akan mengencerkan dahak, sehingga dahak mudah dikeluarkan dan jalan napas jadi lebih bersih," kata Prof Tjandra kepada MNC Portal, Selasa (15/8/2023).

Selain minum air putih hangat, batuk juga bisa disembuhkan dengan minum obat batuk yang dijual bebas. Hanya saja, Anda perlu tahu jika obat batuk itu ada tiga jenis. Jadi, beli lah yang sesuai dengan kebutuhan.

"Obat batuk itu ada tiga jenis, pengencer dahak (mukolitik), pengeluar dahak (ekspektoran), dan penekan batuk kering (antitusif). Pilih obat sesuai kebutuhan," ujar dia.

Prof Tjandra juga menjelaskan batuk dahak yang harus diwaspadai. Jika, dahak berwarna kuning atau hijau, maka menunjukkan adanya tanda radang atau infeksi. Pada kondisi ini, penderita harus ke dokter untuk dapat penanganan lebih lanjut.



Demikian dengan batuk disertai sesak napas atau setidaknya napas berat, maka pasien perlu ke dokter dan diperlukan pelega napas (bronkodilator).

"Kalau keluhan batuk ini berkepanjangan, segera berkonsultasi ke petugas kesehatan, ya," ujar Prof Tjandra.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)