Ajang Menyemai Talenta Digital BUMN di Perguruan Tinggi

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:47 WIB
loading...
Ajang Menyemai Talenta Digital BUMN di Perguruan Tinggi
BUMN terus memburu para talenta digital kampus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Srikandi BUMN sekaligus Direktur SDM Pupuk Indonesia Tina T. Kemala Intan, mengungkap seluruh BUMN di Indonesia membutuhkan 200.000 talenta digital. Harapannya, talenta digital tersebut mampu membawa BUMN berkompetisi di tengah arus transformasi teknologi, serta dipersiapkan untuk mendukung Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi nomor empat dunia yang diprediksi pada tahun 2045.



Menurut Tina, peranan BUMN diharapkan menjadi katalisator pertumbuhan perekonomian menyongsong Indonesia Emas. Generasi muda saat ini sudah harus mempunyai kemampuan teknologi, digitalisasi dan kemampuan bahasa inggris yang baik.

"Semua itu guna menunjang pekerjaan di masa depan,” kata Tina di ajang "Srikandi BUMN Goes to Campus" di Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang, Selasa (15/8/2023).

Tina menambahkan bahwa BUMN membuka peluang kepada siapa pun yang berkompetensi untuk berkontribusi bagi negeri dengan berkarier di BUMN. Sementara talenta penting yang saat ini maupun ke depannya dibutuhkan BUMN adalah talenta digital.

“Kami datang ke sini untuk membantu menyiapkan para mahasiswa. Ketika lulus nanti tidak hanya menjadi karyawan, tapi juga leader di sebuah perusahaan,” ujarnya.

Di hadapan ratusan mahasiswa Unsri, Tina juga menjelaskan terkait program BUMN Muda yang membuka peluang kepada siapa pun untuk menjadi pemimpin di BUMN. Peluang ini harus dipersiapkan para generasi muda bangsa untuk meningkatkan kompetensi sehingga dapat menjadi leader BUMN di masa depan.

"Dengan berdiskusi bersama generasi muda, kita akan mendapatkan solusi yang berbeda sehingga perusahaan bisa berlari dengan kencang. Pupuk Indonesia saat ini memiliki tim untuk meng-create bisnis-bisnis baru sehingga menambah revenue bagi perusahaan. Dan isinya semua anak muda," tandas Tina.

Terakhir, ia juga menyampaikan bahwa saat ini Kementerian BUMN membuka kesempatan kepada para perempuan untuk menjadi pemimpin perusahaan. Menteri BUMN Erick Thohir men-challange Srikandi BUMN untuk mengisi 25% posisi direksi di BUMN, karena perubahan juga banyak didorong oleh para perempuan.

"Di Pupuk Indonesia sendiri total karyawan perempuan sekitar 11%. Alhamdulillah kita bisa memenuhi target, para pimpinan perempuan sebanyak 15%,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)