Dari Layar ke Hati: Resapi Makna Kemerdekaan dengan Special Movie Kemerdekaan Serangan Fajar, Malam ini, Hanya di iNews

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:40 WIB
loading...
Dari Layar ke Hati: Resapi Makna Kemerdekaan dengan Special Movie Kemerdekaan Serangan Fajar, Malam ini, Hanya di iNews
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Rayakan semangat kemerdekaan dengan sinema epik Serangan Fajar, sebuah film istimewa yang menggetarkan jiwa bangsa. Sambut HUT ke-78 RI dengan megah karena malam ini, Rabu (16/8/2023), layar kaca akan dibanjiri aksi heroik dan semangat perjuangan yang tak terpadamkan.

Serangan Fajar merupakan film semi dokumenter drama peperangan di Indonesia. Film ini merupakan garapan G Dwipayana yang diproduksi tahun 1982 serta disutradarai Arifin C. Noer sekaligus menjadi penulis naskah. Film ini bercerita tentang kisah perang kemerdekaaan, menampilkan beberapa fakta sejarah yang terjadi selama perang di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peristiwa-peristiwa patriotik itu yakni pengibaran bendera Merah Putih di Gedung Agung, penyerbuan markas Jepang di Kota Baru, penyerbuan lapangan terbang Maguwo, dan serangan beruntun di waktu fajar ke daerah sekitar Salatiga, Semarang. Dalam peristiwa tersebut ada ribuan pemuda dan rakyat Yogyakarta serta para pemimpin mereka, seperti Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Soeharto.



Tak hanya itu, cerita di atas dilengkapi dengan adanya Temon, anak kecil lugu yang selalu menanyakan ayahnya yang sudah tiada kepada sang nenek di sela-sela perang. Terselip pula kisah keluarga bangsawan Yogyakarta, di mana ada seorang Romo yang ikut gigih membantu pejuang. Sementara, sang istri ketakutan kehilangan kasta bangsawannya. Sebab, sang anak menjalin cinta dengan seorang pemuda pejuang dari rakyat jelata.

Film ini diperankan oleh aktor dan aktris senior kenamaan di antaranya Antonius Yacobus, Dani Marsuni, Suparmi, Amoroso Katamsi, dan pemain hebat lainnya.

Penasaran bagaimana keseruan film Serangan Fajar selengkapnya? Saksikan film Serangan Fajar malam ini, Rabu, 16 Agustus 2023 pukul20.15WIB hanya di iNews. Selain itu, dapat disaksikan juga secara streaming di Vision+ dan RCTI+.

Ayo set ulang frekuensi TV digital/STB anda, tonton iNews di saluran digital terbaik.

#iNews #MNCGroup #SpecialMovieKemerdekaan #SeranganFajar #HUTRIKe-78
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)