5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Asma di Tengah Polisi Udara yang Buruk

Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:18 WIB
loading...
5 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Asma di Tengah Polisi Udara yang Buruk
Demi mendapatkan kesehatan pernapasan di tengah polusi udara yang buruk, penderita asma disarankan untuk berolahraga. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Polusi udara di Jakarta memburuk belakangan ini, bahkan levelnya mencapai kategori berbahaya untuk dihirup. Bagi para penderita asma yang mudah merasakan sesak napas, tentu kondisi ini sangat berbahaya.

Untuk itu, demi mendapatkan kesehatan pernapasan di tengah polusi udara yang buruk, penderita asma disarankan untuk berolahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh penderita asma.

Mengutip laman Healthline, Kamis (17/8/2023), olahraga terbaik untuk penderita asma adalah olahraga dengan waktu yang singkat, tidak terlalu keras, serta memiliki intensitas rendah. Jenis olahraga dengan ketentuan tersebut tidak akan menimbulkan gejala asma.



Kalau masih bingung untuk memilih olahraga yang tepat, cobalah perhatikan rekomendasi aktivitas fisik untuk penderita asma berikut ini, yang dirangkum dari Healthline.

1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk penderita asma. Dibandingkan olahraga lain, berenang memiliki kemungkinan yang kecil untuk menyebabkan gejala asma kambuh karena berada di tempat yang lembab, tidak terkena paparan serbuk sari, serta tekanan cairan di dada.

Walaupun demikian, perlu diperhatikan terkait kebersihan kolam yang dipakai. Kolam terklorinasi dapat menyebabkan gejala asma pada beberapa individu. Untuk itu, berhati-hatilah jika Anda berenang di kolam renang umum.

2. Berjalan

Sebagai aktivitas berintensitas rendah, berjalan adalah pilihan olahraga yang aman untuk penderita asma. Dengan rutin berjalan, paru-paru akan menjadi lebih mudah bernapas. Namun, berjalan di tengah udara yang sedang buruk tidak disarankan karena itu bakal memperparah penyakit asma.

Untuk itu penderita asma disarankan berjalan di treadmill atau trek dalam ruangan agar paru-paru menjadi sehat dan gejala asma tidak kambuh.

3. Mendaki

Pilihan lainnya adalah menikmati pendakian dengan trek yang mudah, yakni jalur yang relatif datar atau memiliki kemiringan yang lambat dan stabil. Namun, jika Anda memiliki alergi, periksa jumlah serbuk sari setempat sebelum hiking atau melakukan pendakian. Bagi pemilik alergi disarankan untuk mendaki kala kadar serbuk sari rendah.


4. Berlari

Jika Anda berminat untuk berolahraga lari, maka pilihlah lintasan jarak pendek. Kegiatan ini masih aman untuk penderita asma. Sementara lari jarak jauh di trek treadmill atau di luar ruangan tidak direkomendasikan untuk orang penderita asma.

5. Olahraga dengan Jangka Waktu yang Singkat

Penderita asma masih boleh melakukan olahraga umum seperti baseball, sepakbola, voli, atau senam. Namun perlu diperhatikan durasinya. Jangan terlalu lama melakukan olahraga tersebut karena bisa menimbulkan gejala asma kambuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)