Selamat Datang Safar 1445 H, Ini Doa Memasuki Awal Bulan

Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:45 WIB
loading...
Selamat Datang Safar 1445 H, Ini Doa Memasuki Awal Bulan
Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam setelah Muharam yang bertepatan jatuh malam ini. Umat Islam dianjurkan berdoa ketika memasuki bulan baru. Foto/ist
A A A
Malam ini kita sudah memasuki 1 Shafar 1445 Hijriyah karena pergantian hari dan tanggal dalam kalender Hijriyah adalah saat terbenam matahari (waktu Maghrib). Safar (صفر) merupakan bulan kedua dalam kalender Islam setelah Muharam.

Safar dikenal sebagai bulan yang di dalamnya banyak terjadi peperangan pada masa kehidupan Rasulullah ﷺ. Secara harfiah, Safar artinya kosong, sepi atau sunyi. Sebab pada bulan ini, orang Arab terdahulu bepergian, mengosongkan rumah dan tempat tinggalnya untuk pergi perang.

Doa Menyambut Awal Bulan
Berikut doa menyambut awal bulan yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Doa ini dianjurkan dibaca pada malam ini. Dari Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi apabila melihat hilal (bulan baru) beliau berucap:

اَللهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ

Allaahumma Ahillahuu 'alainaa bil Yumni wal iimaani was Salaamati wal Islaami Robbi wa Rabbukallah.

Artinya: "Ya Allah, perlihatlah bulan ini kepada kami dengan kebahagiaan, keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah." (HR at-Tirmidzi, ad-Darimi)

Demikian amalan ketika memasuki bulan baru. Semoga bulan Safar tahun ini membawa keberuntungan, kebaikan dan keselamatan bagi kita. Aamiin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2797 seconds (0.1#10.140)