Cara Memasak Nasi yang Baik Menurut Sains

Sabtu, 11 Februari 2017 - 18:22 WIB
Cara Memasak Nasi yang Baik Menurut Sains
Cara Memasak Nasi yang Baik Menurut Sains
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan cara memasak nasi yang tepat dan sehat menurut sains. Profesor biologi di Queens University Belfast Andy Meharg menjelaskan memasak nasi dari beras yang hanya dicuci sekali bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Dilansir Independent, melalui percobaan yang ditayangkan salah satu televisi di Inggris, Meharg mengatakan memasak nasi dengan beras yang dicuci satu kali bisa menghasilkan arsenik yang berasal dari limbah industri atau pestisida yang digunakan oleh produsen atau petani untuk mengusir hama padi.

Dalam kesempatan ini Meharg melakukan tiga kali percobaan dalam memasak nasi. Pada percobaan pertama, dia menggunakan rasio dua berbanding satu untuk beras dan air yang direbus hingga habis. Hasil percobaan ini menunjukan adanya endapan arsenik pada nasi yang sudah matang.

Pada percobaan kedua, Mehrag menggunakan perbandingan satu berbanding lima untuk beras dan air. Percobaan ini, air rebusan dibuat melimpah dan hasilnya arsenik berkurang 50%.

Sementara percobaan ketiga, Meharg menggunakan beras yang sudah direndam semalam dan merebusnya dengan rasio satu berbanding lima seperti pada percobaan kedua dengan hasil sisa arsenik berkurang hingga 80%.

Berdasarkan hasil percobaan ini Mehrag menyimpulkan memasak nasi yang baik adalah dengan merendamnya semalaman dan dicuci serta dibilas hingga bersih. Setelah itu, beras dimasak secara biasa dengan perbandingan lima banding satu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3771 seconds (0.1#10.140)