Pengurangan Emisi Karbon Melebihi Target, PHE Punya 6 Jurus

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 14:49 WIB
loading...
Pengurangan Emisi Karbon Melebihi Target, PHE Punya 6 Jurus
Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina sukses mencatatkan pengurangan emisi sampai bulan Juli 2023 mencapai 480 Kilo Ton C02eq atau 110% dari target. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi ( PHE ) selaku Subholding Upstream Pertamina sukses mencatatkan pengurangan emisi sampai bulan Juli 2023 mencapai 480 Kilo Ton C02eq atau 110% dari target di bulan Juli lalu yang dilakukan baik dari Regional maupun Anak Perusahaan terafiliasi.

Direktur Pengembangan dan Produksi PHE, Awang Lazuardi menyampaikan, strategi yang dimiliki perusahaan dalam mendukung dekarbonisasi.

"PHE telah menjalankan 6 pilar dekarbonisasi yaitu energy demand & efficiency, gas recovery & asset integrity, low carbon power, low carbon heat, CCUS/CCS dan offsetting melalui natural based solution. Pencapaian PHE ini merupakan salah satu bukti komitmen Pertamina Hulu dalam melaksanakan dekarbonisasi bersamaan dengan pelaksanaan program kerja untuk mendukung ketahanan energi nasional," jelas Awang.

Subholding Upstream Pertamina konsisten dan berkomitmen dalam mendukung program Pemerintah untuk mencapai target penurunan emisi sebesar 29% pada tahun 2030 dan Net Zero Emission pada tahun 2060.



Selain peresmian uji coba injeksi CO2 yang telah dilakukan pada Oktober 2022 di Pertamina EP Jatibarang Field, beberapa program kerja dalam mendukung dekarbonisasi juga dilaksanakan di lingkungan Subholding Upstream Pertamina.

"Regional Sumatera memiliki proyek optimalisasi pemanfaatan gas suar untuk bahan bakar turbin pada 2 fasilitas operasi dan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya WK Rokan fase 1 bekerja sama dengan Pertamina Power Indonesia,” tambah Awang.

Selain itu, PHE juga melakukan optimalisasi pengoperasian gas fuel yang dilakukan secara bertahap setiap tahun dan low carbon fuel switching melalui penggunaan biosolar B30 sebagai bahan bakar untuk marine fleet di Mahakam. Program eksisting dekarbonisasi ini merupakan fase pertama sembari meletakan fundamental untuk fase 2 dan 3 terkait implementasi ccs ccus dan carbon trading yang termasuk si pilar strategy ESG PHE.

PHE selaku Subholding Upstream Pertamina juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022. PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)