4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 19:25 WIB
loading...
4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia
Ikan menjadi lauk pauk yang difavoritkan di banyak negara Asia. Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Ikan bisa dibilang salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini. Orang-orang di seluruh dunia mengonsumsi ikan di rumah dan restoran mereka dengan makanan lain.

Ikan adalah makanan pokok di banyak negara sedangkan di negara lain hanya dianggap sebagai jenis makanan. Beberapa negara memiliki jumlah konsumsi ikan yang tinggi.

Berikut adalah 4 negara dengan konsumsi ikan paling besar di dunia.

1. China (2 Juta Ton)

4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia

Foto/Reuters

Melansir World Atlas, negara terpadat kedua di dunia mengambil bagian terbesar dari konsumsi ikan. Dengan jumlah penduduk lebih dari satu miliar, permintaan ikan dan makanan laut tinggi, tercermin dari 2.035.262,17 ton yang dikonsumsi setiap tahunnya.

Perairan Laut China saja tidak cukup sehingga kapal pukat China harus pergi ke perairan asing untuk mendapatkan komoditas berharga itu. Di seluruh China, komoditas tersebut dikonsumsi di restoran kelas bawah dan kelas atas tergantung pada variasi dan harga yang tersedia.

Industri ini juga menguntungkan karena China telah mampu memproduksi produk makanan ikan dalam jumlah besar ke negara lain seperti Kanada dan negara lain di dunia.

2. Myanmar (1,5 Juta Ton)

4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia

Foto/Reuters

Juga dikenal sebagai Burma, Myanmar memiliki konsumsi tertinggi kedua karena ikan banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok. Karena negara ini diberkati dengan sungai dan memiliki garis pantai di mana penangkapan ikan dapat dilakukan, penangkapan ikan dilakukan secara luas sebagai kegiatan ekonomi.

Namun, negara ini rawan banjir monsun yang sering mengganggu distribusi ikan. Meski mengalami gangguan ini, masyarakat di Myanmar mengonsumsi ikan dan produk makanan laut lainnya. Pengelolaan perikanan darat dan laut yang buruk selama rezim militer menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas ikan yang diproduksi, dan hal itu menimbulkan kekurangan gizi pada masyarakat.

3. Vietnam (1,1 Juta Ton)

4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia

Foto/Reuters

Negara komunis Asia berada di peringkat ketiga. Orang Vietnam menganggap makan ikan lebih sering daripada produk makanan lain yang tersedia karena kemudahan menyiapkan ikan dan ketersediaannya. Ikan juga merupakan sumber utama protein dan asam amino.

Karena pentingnya bagi Vietnam, pemerintah telah menyediakan dana untuk memperluas industri makanan laut dengan membangun lebih banyak pusat pengolahan. Kebijakan tersebut sejalan dengan rencana lima tahun yang akan berakhir pada 2020.

Vietnam juga mengekspor produk makanan lautnya ke negara lain di Asia dan dunia, sehingga menghasilkan pendapatan pemerintah.

4. Jepang (730.783 Ton)

4 Negara yang Konsumsi Ikan Paling Banyak, Semuanya dari Asia

Foto/Reuters

Negara ini menempati urutan keempat dalam daftar negara yang paling banyak mengonsumsi ikan dengan konsumsi sekitar 730.783,86 ton per tahun. Beberapa ikan mereka bersumber secara lokal dari lautan terdekat, dan yang lainnya harus diimpor untuk menutupi defisit.

Negara ini termasuk yang terpadat di Asia yang berarti lebih banyak mulut yang memakan ikan dan makanan laut yang lezat. Penangkapan ikan di Jepang adalah industri yang menguntungkan meskipun terjadi penurunan konsumsi karena penerapan pola makan barat oleh masyarakat Jepang.

Industri ini bernilai lebih dari sepuluh miliar dolar, dan mendapat manfaat dari kebijakan pemerintah yang menguntungkan yang menawarkan insentif dan menetapkan kuota pada produk ikan asing.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)