11 Kampus dengan Jurusan Teknik Lingkungan Terbaik, Belajar tentang Pengendalian Polusi Udara

Minggu, 20 Agustus 2023 - 11:00 WIB
loading...
11 Kampus dengan Jurusan Teknik Lingkungan Terbaik, Belajar tentang Pengendalian Polusi Udara
Jurusan Teknik Lingkungan mempelajari tentang pengendalian pencemaran lingkungan termasuk polusi udara. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Lingkungan memiliki fokus pada pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan, dan upaya pengendalian pencemaran lingkungan. Termasuk salah satunya pengendalian polusi udara .

Kualitas udara di Jakarta terus memburuk bahkan sudah berada di level tidak sehat. Masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan pun diimbau untuk mengenakan masker, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, hingga menyalakan penyaring udara.

Terkait dengan pencemaran udara ini, ada satu jurusan kuliah yang spesifik mempelajari tentang permasalahan lingkungan dengan segala aspek hingga upaya pelestariannya.

Lulusannya akan diarahkan menjadi para profesional yang mampu mendesain, membangun, mengoperasikan, dan memelihara fasilitas pengelolaan lingkungan.

Khususnya dalam lingkup pekerjaan penyediaan air bersih, pengelolaan limbah cair, pengelolaan limbah padat, dan juga pengelolaan kualitas udara.

Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), ini daftar kampus di Indonesia dengan jurusan S1 Teknik Lingkungan yang terakreditasi Unggul.

Baca juga: UGM Cetak 50 Guru Besar Baru Periode Januari hingga Agustus 2023

10 Kampus dengan Jurusan Teknik Lingkungan Unggul


1. Universitas Islam Indonesia
2. Universitas Hasanuddin
3. Universitas Andalas
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
6. Universitas Indonesia
7. Institut Teknologi Bandung
8. Universitas Trisakti
9. Universitas Brawijaya
10. Universitas Diponegoro
11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Lantas apa saja sih prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan ini? Dikutip dari laman ITB, ini peluang kerjanya.

Baca juga: 3 Mahasiswa UMM Ini Lulus Kuliah Tanpa Skripsi, Kok Bisa?

Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

1. Instansi pemerintah


Lulusan Teknik Lingkungan bisa bekerja sebagai tim ahli lingkungan hidup di departemen tenis maupun non teknis seperti di Kementerian PU, ESDM, Kemendagri, KLH, BPLH, BPLHD, Kimpraswil, dan PDAM

2. Industri


Lulusan Teknik Lingkungan banyak dibutuhkan di semua industri. Contohnya bagian Safety Health & Environment (SHE) terutama sebagai environmental engineer/manager, misalnya pada industri migas & pertambangan, industri makanan minuman, industri lainnya.

3. LSM/NGO Lingkungan Hidup


Lembaga swadaya masyarakat nasional dan lembaga internasional seperti WWF, Greenpeace juga membutuhkan lulusan dari jurusan Teknik Lingkungan ini. Serta badan internasional WHO.

4. Konsultan


Konsultan yang menyangkut ilmu Teknik Lingkungan juga membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan seperti konsultan AMDAL, konsultan perancangan bangunan pengolah air minum dan air limbah, dan lainnya.

5. Wiraswasta


Kalian juga bisa memulai usaha pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis, daur ulang limbah (baik limbah padat maupun cair), atau menjual produk-produk hasil penelitian sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)