Apakah Kadar Gula Tinggi Bisa Sembuh? Ini Penjelasan Lengkap Menurut Penelitian

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:22 WIB
loading...
Apakah Kadar Gula Tinggi Bisa Sembuh? Ini Penjelasan Lengkap Menurut Penelitian
Apakah kadar gula darah tinggi bisa sembuh? Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah kadar gula darah tinggi bisa sembuh? Ini kerap menjadi pertanyaan dari para penderita diabetes . Banyak penelitian yang dilakukan demi mencari cara terbaik menyembuhkan penderita gula darah tinggi.

Dari banyak penelitian dan penjelasan ahli kesehatan untuk penderita kadar gula darah tinggi atau penyakit diabetes melitus, belum ada yang menyatakan bahwa mereka dapat sembuh.

Sembuh dalam artian kadar gula darah nantinya sudah tidak akan melonjak kembali seiring berjalannya waktu. Namun, mereka bisa mengontrol gula darahnya hingga ke titik normal dengan berbagai penanganan.

Dilansir dari laman Fakultas Kedokteran UNS, meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat ditangani dan dikontrol. Artinya, penderita bisa mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kadar normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi (penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit awal).

Namun, untuk diabetes tidak bisa disembuhkan secara total walaupun kadar gula darah penderita mungkin saja turun hingga taraf normal.

Jika gula darah sudah stabil, apakah berarti penderita sudah sembuh? Stabilnya gula darah ketika seseorang didiagnosis diabetes bukan berarti telah sembuh.

Hal ini dikarenakan diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi secara bertahap. Karena baik diabetes tipe 1 atau tipe 2 adalah kondisi seumur hidup yang tidak bisa hilang sepenuhnya.

Pengertian Dua Tipe Diabetes Beserta Cara Mengontrolnya


Diabetes Tipe 1


Diabetes tipe 1 adalah kondisi di mana tubuh tidak memproduksi cukup insulin, hormon yang diperlukan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Pada diabetes tipe 1, pengobatan dengan insulin merupakan kebutuhan seumur hidup dan kondisi ini tidak dapat disembuhkan.



Namun, dengan manajemen yang tepat melalui penggunaan insulin, pola makan sehat, olahraga, dan perawatan medis, kadar gula darah dapat dikelola dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)