Benarkah Diabetes Memengaruhi Masalah Gigi dan Mulut? Simak Penjelasannya

Senin, 21 Agustus 2023 - 12:34 WIB
loading...
Benarkah Diabetes Memengaruhi Masalah Gigi dan Mulut? Simak Penjelasannya
Bagaimana diabetes memengaruhi masalah gigi? Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Benarkah diabetes memengaruhi masalah gigi dan mulut ? Pertanyaan ini kerap muncul karena kebanyakan penderita diabetes memang rentan mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut.

Pada umumnya, masalah gigi yang dialami oleh kebanyakan orang adalah timbulnya rasa nyeri yang ditimbulkan oleh saraf gigi. Namun, dalam kasus diabetes masalah gigi ini lebih merujuk pada kerusakan atau pembusukan gigi.

Lantas, bagaimana diabetes memengaruhi masalah gigi? Hal ini dikarenakan gula darah yang tinggi punya dampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk juga gigi dan mulut.

Dilansir dari laman Kemenkes, faktor utama yang memicu seorang penderita diabetes mengalami gigi busuk adalah tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes yang berusia 50 tahun ke atas memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan gigi.

Diabetes yang Memengaruhi Kesehatan Gigi dan Mulut


Masalah dimulai dari kandungan gula darah tinggi yang mulai merusak sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh, yang kemudian memengaruhi kesehatan gusi.

Penyakit gusi yang tidak diobati dengan baik dapat berkembang menjadi penyakit periodontitis yang dapat merusak jaringan pendukung gigi.

Dalam jurnal yang mengkaji tentang hubungan tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan status kesehatan jaringan periodontitis pada penyandang diabetes yang diterbitkan jurnal e-GiGi (eG), penderita diabetes tipe 2 akan memiliki risiko lebih besar untuk terserang penyakit periodontitis.



Periodontitis sendiri merupakan penyakit yang dapat menghancurkan jaringan lunak dan tulang yang menopang gigi. Inilah yang membuat gigi akan mudah untuk copot.

Penyakit lain yang dapat muncul dari masalah gusi adalah Gingivitis, di mana kondisi gusi menjadi bengkak dan mudah berdarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)