Tata Cara Salat Subuh Beserta Niat dan Doa Qunut

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 05:53 WIB
loading...
Tata Cara Salat Subuh Beserta Niat dan Doa Qunut
Tata cara salat subuh wajib diketahui oleh setiap umat Muslim, mengingat salat tersebut termasuk fardhu sehingga dosa untuk ditinggalkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Tata cara salat subuh wajib diketahui oleh setiap umat Muslim, mengingat salat tersebut termasuk fardhu sehingga dosa untuk ditinggalkan.

Dalam pelaksanaan salat subuh memang ada beberapa perbedaan pendapat terkait doa qunut . Karena dari 4 mazhab besar ada yang menganggapnya sebagai sunnah dan ada juga yang menganggapnya bukan termasuk sunnah.

Mazhab yang menyebutkan bahwa Qunut Subuh ini adalah sunnah berasal dari Imam Malik dan Syafi'i. Sebagaimana diriwayatkan Anas Ibn Malik, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam senantiasa membaca qunut ketika salat Subuh sehingga beliau wafat.” (Musnad Ahmad bin Hanbal, juz III, hal. 162 [12679], Sunan al-Daraquthni, juz II, hal. 39 [9]).

Namun Imam Ahmad bin Hanbal dan Hanafi tidak menganggap bahwa doa Qunut itu disunnahkan untuk Salat Subuh.

Terlepas dari sunnah atau tidaknya, yang terpenting bacaan Qunut ini bukanlah syarat sah salat, sehingga bisa dibacakan dan bisa juga tidak. Berikut ini tata cara salat subuh beserta niat dan doa qunut.

Tata Cara Salat Subuh

1. Niat

Niat Salat Subuh Sendiri :

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى


Ushalli fardlosh shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaaan lillahi ta’alaa.

Artinya : "Saya niat salat subuh dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Niat Salat Subuh Berjamaah :

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى


Ushalli fardlosh shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaaan ma’muman/imaaman lillahi ta’alaa.

Artinya : "Saya niat salat subuh dua rakaat sebagai (imam/makmum) karena Allah Ta'ala"

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Al Fathihah
5. Membaca Surat dalam Al Quran
6. Ruku dengan Tuma'ninah
7. I'tidal dengan Tuma'ninah
8. Sujud dengan Tuma'ninah
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud
11. Kembali berdiri dan mengulang rakaat pertama
13. Ruku
12. I'tidal Kedua

Ketika I'tidal kedua inilah biasanya doa qunut dibacakan. Bacaannya sebagai berikut :

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


Allahummahdinii fii man hadait, wa‘aafini fii man ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baariklii fii maa a‘thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo ‘alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

14. Sujud
15. Duduk di antara dua sujud
16. Sujud
17. Duduk Tahiyat Akhir
18. Salam

Itulah tata cara salat subuh beserta dengan niat dan bacaan doa qunut. Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua kepercayaan Islam di Indonesia melakukan doa Qunut ini sehingga rasa saling menghormati dan menghargai sangat perlu didirikan demi menjaga kekerabatan dalam Islam.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)