Buah ini Bisa Hindari Kanker Prostat

Kamis, 23 Februari 2017 - 12:14 WIB
Buah ini Bisa Hindari Kanker Prostat
Buah ini Bisa Hindari Kanker Prostat
A A A
JAKARTA - Buat kaum lelaki kanker prostat menjadi momok. Tapi sebenarnya hal ini bisa dihindari jika Anda mengetahui cara pencegahannnya. Beberapa buah-buahan ternyata bisa menjadi penolak datangnya penyakit tersebut.

Kanker prostar sendiri adalah penyakit yang umum dialami kaum pria. Dari data WHO, kanker prostat adalah kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012. Kasus kanker prostat, berdasar data International Agency for Research on Cancer (IARC), pada tahun 2012 di Indonesia terdapat sekitar 13.600 kasus.

Dengan angka kematian hingga 9.191 kasus. Tidak ada bukti definitif bahwa gizi yang baik dapat mencegah masalah prostat, tapi dengan diet seimbang yang sehat dapat mengurangi risiko terkena gangguan prostat.

"Memulai untuk mengonsumsi makanan atau snack dari sayuran dan buah adalah ide yang cerdas untuk kesehatan secara umum, dan khususnya untuk sebuah prostat yang sehat," kata ahli gizi untuk New York Times bestseller 'LL Cool Platinum WorkoutJ', Dr Chris Mohr PhD RD, seperti dilansir EverydayHealth .

Menurutnya, ada beberapa makanan yang baik untuk menyehatkan prostat seperti buah stroberi, blackberry, raspberry yang tinggi vitamin C, dan antioksidan. Antioksidan memainkan peran penting dalam tubuh karena mereka mencegah kerusakan dari radikal bebas, molekul yang menyerang sel-sel sehat, dan dapat berkontribusi terhadap risiko kanker.

Vitamin C juga dapat membantu meringankan gejala jinak hiperplasiaprostat dengan mempromosikan buang air kecil dan mengurangi pembengkakan. Dr Mohr merekomendasikan campuran berbagai buah dan sayuran ke dalam smoothie dengan susu dan bubuk protein. "Blueberry , pisang, susu, bubuk protein, selai kacang, dan es smoothie sempurna dengan banyak rasa dan gizi, tapi sederhana dalam membuatnya," ucap Dr Mohr.

Ia menjelaskan bahwa ada sekitar 90 miligram vitamin C dalam satu cangkir stroberi dan sekitar 14 mg dalam satu cangkir blueberry . Sumber besar lain vitamin C adalah buah seperti jeruk, melon, bayam, brokoli, dan mangga.

Bagi kebanyakan pria dewasa, 90 miligram vitamin C dianjurkan setiap hari. Lalu yang baik untuk prostat adalah asam lemak omega-3 dalam asupan Anda.

Buah semangka juga baik untuk prostat. Semangka merupakan sumber yang sangat baik dari lycopene . "Penelitian menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu risiko kanker prostat yang lebih rendah. Lycopene dapat ditemukan dalam makanan seperti tomat, jeruk, jambu biji, dan pepaya," imbuhnya. (Iman Firmansyah)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5985 seconds (0.1#10.140)