12 Univesritas dengan Jurusan Bioteknologi Terbaik di Indonesia, Ini Daftar Kampusnya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:11 WIB
loading...
12 Univesritas dengan Jurusan Bioteknologi Terbaik di Indonesia, Ini Daftar Kampusnya
Bioteknologi merupakan multi-disiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi. Salah satu kampus yang membuka jurusan Bioteknologi adalah UGM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar kampus dengan jurusan Bioteknologi terbaik di Indonesia. Jurusan Bioteknologi akhir-akhir ini cukup menjadi perbincangan di dunia pendidikan tanah air. Jurusan Bioteknologi yang berhubungan dengan ilmu biologi ini berhasil menyerap banyak peminatnya dalam penerimaan mahasiwa baru di sejumlah kampus.

Bioteknologi memang tengah berkembang pesat terutama di negara-negara maju, begitu juga di negara berkembang seperti di Indonesia. Bila kamu berminat untuk mengambil jurusan ini di jenjang perguruan tinggi, kamu bisa cek 12 kampus favorit di Indonesia yang memiliki jurusan Bioteknologi yang akan diulas artikel kali ini.

12 Kampus Terbaik Jurusan Bioteknologi di Indonesia

1. Universitas Gajah Mada


Hingga kini, UGM menduduki peringkat 391 Diseluruh dunia menurut data dari topuniversities.com. Di berbagai posisi penting baik itu pemerintahan, perusahaan multinasional, bisnis mandiri, dll banyak diisi oleh alumni-alumni dari UGM. Bahkan Presiden RI yang sekarang sedang menjabat, Bapak Ir. H. Joko Widodo adalah seorang alumni UGM. UGM sendiri memiliki jurusan Bioteknologi untuk Program Sarjana dan Program Pascasarjana.

2. Universitas Surabaya (UNESA)


Hingga saat ini Universitas Negeri Surabaya pun telah menunjukkan prestasinya sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Buktinya, perguruan tinggi negeri yang satu ini berhasil masuk dalam jajaran 50 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat ke-38 dari 163 perguruan tinggi yang terakreditasi.

Di antara banyaknya jurusan yang ditawarkan di UNESA, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi untuk Program Sarjana yang sudah terakreditasi dari BAN-PT.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)


Konsistensi di bidang pertanian dan energi terbarukan membuat Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk jajaran perguruan tinggi di bidang Bioteknologi Indonesia. Di IPB, sektor yang dibahas lebih mengarah ke pertanian dibanding lainnya. Jika kamu ingin memilih IPB sebagai kampus tujuan, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi dengan nama Agronomi dan Hortikultura. Di mana jurusan ini lebih memfokuskan mahasiswanya untuk mempelajari bioteknologi tanaman.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selain IPB, ternyata ITB juga menjadi tandem yang kuat untuk pendidikan di sektor Bioteknologi Jawa Barat. Mahasiswa jurusan ini tak hanya dari Bandung dan sekitarnya, tapi juga dari kalangan yang lebih luas. Jika IPB lebih fokus pada bioteknologi tanaman, maka ITB lebih fokus pada bioteknologi terhadap inovasi teknologi itu sendiri.

5. Universitas Brawijaya


Kampus yang berada di Malang ini memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pendidikan terjamin kualitasnya. Hal itulah yang membuat universitas ini masuk rekomendasi kampus negeri terbaik untuk jurusan Bioteknologi di Indonesia.

Kompetensi yang dipelajari di universitas ini mencakup pemanfaatan biotik, proses produksi, sampai bagaimana agar bisa menghasilkan barang dan jasa di skala industri. Semua berkaitan dengan kemajuan bioteknologi secara nasional. Universitas Brawijaya juga sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti PT Sampoerna Agro, PT Great Giant Pineapple, dan lainnya.

6. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro telah mendapatkan akreditasi dengan nilai “A” dari BAN-PT. Tak hanya sampai disitu saja, Undip juga meraih peringkat ke-6 dari 14 Perguruan Tinggi terbaik (Klaster I) tahun 2017 dalam kelompok non politeknik.



Kemudian, Undip juga meraih peringkat ke-10 sebagai Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Jika kamu ingin memilih Undip sebagai kampus tujuan, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi untuk Program Sarjana di kampus yang satu ini.

7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Di kampus yang satu ini, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi dengan nama Teknobiologi. Di mana jurusan ini lebih memfokuskan mahasiswanya untuk mempelajari bioteknologi secara luas. Universitas Atma Jaya Yogyakarta sendiri memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga dapat menunjang kegiatan belajar mengajar dengan sangat baik.

8. Universitas Pelita Harapan (UPH)


Program studi Biologi Strata 1 (S-1) UPH menawarkan peminatan Bioteknologi di bidang kesehatan dan industri. Gelar Sarjana Sains (S.Si) dapat diperoleh setelah menyelesaikan minimal 144 sks (IPK≥2.0) dan lulus English proficiency test (EPT) dengan skor yang ditetapkan. Normalnya jurusan yang satu ini dapat ditempuh selama 8 semester.

9. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Berbeda dari kampus lainnya, di Universitas Kristen Duta Wacana ini Bioteknologi merupakan nama suatu fakultas bukan jurusan. Fakultas Bioteknologi ini pun hanya membuka satu jurusan yakni jurusan Biologi khusus untuk Program Sarjana.

Fakultas Bioteknologi memfokuskan mahasiswanya agar dapat mengaplikasikan bioteknologi dan biologi melokuler dalam bidang lingkungan, industri, dan kesehatan. Fakultas Bioteknologi di Universitas Kristen Duta Wacana sendiri sudah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan predikat A (sangat baik) untuk kedua kalinya

10. Unika Atma Jaya


Sebagai upaya dalam pengembangan Bioteknologi di Indonesia, maka langkah pendirian Fakultas Teknobiologi di Unika Atma Jaya merupakan suatu langkah kecil namun sangatlah tepat. Oleh karena itu, pendirian Fakultas Teknobiologi pada tahun 2002 telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unika Atma Jaya.

11. Universitas Esa Unggul


Untuk mengoptimalkan melimpahnya Biodiversitas Indonesia yang sangat besar, Esa Unggul sebagai Perguruan Tinggi membuka jurusan Bioteknologi sebagai sebuah Program Studi yang memaksimalkan dan mengoptimalkan penelitian tentang Biodiversitas yang sangat besar di Indonesia.

Meskipun masih terbilang baru berkembang, Bioteknologi Esa Unggul memiliki berbagai keunggulan di antaranya Bioteknologi Esa Unggul merupakan Program studi Biotek di Perguran Tinggi Swasta di Indonesia. Selain itu, Bioteknologi Esa Unggul juga telah menjadi pencetus berdirinya ikatan Bioteknologi Seluruh Indonesia (IBSI) dalam organisasi itu kita dipercayai menjadi pengurus.

12. Universitas Al Azhar


Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) merupakan salah satu kampus yang sedang menuju kepada Eco Campus atau kampus berwawasan lingkungan. Sehingga nantinya UAI akan menjadi kampus islam yang sangat konsen dengan hal penghematan sumber daya, penerapan daur ulang serta pengelolaan lingkungan.

Apabila kamu ingin memilih UAI sebagai kampus tujuan, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi dengan nama Biologi. Di mana jurusan ini lebih memfokuskan mahasiswanya untuk berkonsentrasi pada Biosains, Bioteknologi dan Lingkungan berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islami.

Baca juga:Peran Bioteknologi dalam Pembuatan Vaksin COVID-19

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bioteknologi

1.Ahli Bioteknologi


Ahli Bioteknologi merupakan sebutan untuk orang yang punya keahlian di bidang pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, virus, dan fungi, serta produk dari makhluk hidup seperti enzim dan alkohol yang berguna dalam produksi barang dan jasa.

2.Biokimiawan


Biokimiawan atau ahli biokimia mempelajari sifat-sifat kimia dari makhluk hidup dan proses biologis, seperti pengembangan sel, pertumbuhan sel, keturunan, dan penyakit.

3.Bioteknologi Pertanian


Perusahaan bioteknologi pertanian bekerja memasok petani dengan alat untuk meningkatkan hasil tanaman dan produk hewan, sambil menurunkan biaya produksi.

4.Insinyur Biomedis


Insinyur biomedis menggunakan pengetahuan teknik, biologi, dan bidang medis untuk mengembangkan alat dan produk baru yang lebih baik bagi pasien.

5.Mikrobiologis


Ahli mikrobiologi mempelajari virus, bakteri dan sistem kekebalan untuk menghasilkan produk biomedis dan industri.

6.Teknisi Lab Kriminal

Orang-orang dengan pengetahuan bioteknologi dan biologi dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk penegakan hukum

7.Teknisi Validasi

Teknisi validasi adalah bagian penting dari proses pembuatan bioteknologi. Ini adalah posisi level awal yang membantu memastikan kualitas produk yang sedang diproduksi.

Apa Itu Jurusan Bioteknologi?

Bioteknologi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pemanfaatan makroorganisme (hewan, tumbuhan, dll) ataupun mikroorganisme (bakteri, virus, fungi, dll) berbasis teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi makhluk hidup.

Contohnya seperti bahan bakar ramah lingkungan (biofuel), tumbuhan tahan hama dan kekeringan, buah-buahan yang tidak mudah membusuk, produksi insulin dari bakteri, pemanfaatan antibodi, dan biosensor untuk mengontrol dan mengatasi pencemaran lingkungan.

Secara sederhana, Bioteknologi itu sendiri merupakan multi-disiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi. Nah bioteknologi ini secara umum digolongkan menjadi 4 jenis ruang lingkup yaitu, Bioteknologi Putih, Bioteknologi Biru, Bioteknologi Hijau, Bioteknologi Merah. Setiap ruang lingkup membahas aspek tertentu, adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Bioteknologi Putih

Bioteknologi putih membahas segala yang berkaitan dengan industri, baik itu industri dalam bidang pangan (makanan suplemen, pangan probiotik, penyedap rasa, dll), kesehatan (obat-obatan, vaksin, dll), produk-produk kecantikan (kosmetik, anti penuaan, anti radiasi, dll), bahan bakar/sumber energi terbarukan (biofuel), dan masih banyak lagi.

2. Bioteknologi Biru

Bioteknologi biru membahas segala hal yang berkaitan dengan lingkup perairan dan kelautan, seperti pemanfaatan alga sebagai sumber energi, penggunaan mikroba dalam membersihkan ekosistem perairan seperti membersihkan tumpahan minyak di laut menggunakan mikroba, pemanfaatan protein anti beku dari ikan-ikan yang ada di kutub, dan lainnya.

3. Bioteknologi Hijau

Bioteknologi hijau membahas segala hal yang berkaitan dengan pertanian, beberapa penerapannya yaitu buah-buahan yang tahan lama (tidak cepat membusuk), tanaman yang tahan hama dan tahan kondisi panas (kemarau), kultur jaringan, dan rekayasa tanaman.

4. Bioteknologi Merah

Bioteknologi merah membahas segala hal yang berkaitan dengan kesehatan atau bisa disebut yang berkaitan dengan ilmu kedokteran, adapun aplikasinya seperti pembuatan antibodi dan vaksin, stem cell, tissue engineering, artificial blood, drug delivery, dan nanomedicine.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0694 seconds (0.1#10.140)