Jumlah Korban Perang di Zaman Nabi Ternyata Sedikit, Tak Lebih dari 400 Orang

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:49 WIB
loading...
Jumlah Korban Perang di Zaman Nabi Ternyata Sedikit, Tak Lebih dari 400 Orang
Ilustrasi Perang Badar di zaman Nabi Muhammad. Jumlah korban perang di zaman Nabi ternyata sedikiti, tak lebih dari 400 orang. Padahal masa peperangan di zaman Nabi berlangsung selama 23 tahun. Foto/ist
A A A
Perang selalu diidentikkan dengan banyaknya korban jiwa dan pertumpahan darah. Bahkan perang di zaman sekarang memakan korban jiwa begitu banyak, jumlahnya bisa ribuan bahkan mencapai puluhan ribu orang.

Tahukah Anda, jumlah korban perang di zaman Nabi Muhammad ï·º ternyata tidak melebihi 400 orang? Padahal masa peperangan di zaman Nabi berlangsung selama 23 tahun. Ya, perang di zaman Nabi beda dengan masa sekarang yang banyak memakan korban jiwa. Bahkan anak-anak dan kaum perempuan kerap menjadi korban perang.

Perang di zaman Nabi merupakan perintah syariat, bukan berdasarkan nafsu atau kebencian kepada pihak lain. Jika musuh melarikan diri, hal itu dibiarkan saja. Jika musuh menyerah, mereka akan menjadi tawanan perang. Tidak kemudian membabi buta disiksa, dihajar atau dibunuh.

Bahkan perang di zaman Nabi tetap mengedepankan etika. Anak-anak tidak dibolehkan ikut perang, pepohonan dilindungi, pasukan muslim diimbau untuk tidak merusak lingkungan. Begitulah tingginya adab dalam Islam sekalipun dalam situasi perang.

Dalam kajian Ustaz Ahmad Sarwat dijelaskan bahwa jumlah korban di zaman Nabi cukup mengejutkan. Setelah dilakukan penelitian panjang oleh Dr Muhammad Imarah, jumlah korban peperangan di masa kenabian ternyata sangat minimalis, yaitu hanya 386 jiwa saja. Itupun sudah termasuk korban dari kedua belah pihak.

Memang ada perintah perang dalam Al-Quran, tetapi perlu diketahui jumlah korban perangnya amat sangat sedikit. Seperti Perang Badar yang terjadi pada Tahun ke-2 Hijriyah. Korban perang di pihak pasukan kafir Quraisy Makkah hanya 70 orang, sedangkan pasukan muslim berjumlah 14 orang. Total korban Perang Badar berjumlah 84 orang.

Begitu juga dengan Perang Uhud yang terjadi Tahun 3 Hijriyah. Perang ini merupakan aksi balas dendam kaum kafir Quraisy yang kalah di Perang Badar. Jumlah korban di pihak kafir Quraisy sebanyak 22 orang. Sedangkan di pihak muslim 70 orang. Jika ditotalkan, jumlah korban Perang Uhud hanya 92 orang.

Hal serupa juga terjadi di perang lainnya seperti Perang Khandak. Perang Hunain, Perang Khaibar, Fathu Makkah. Berikut ini tabel jumlah korban perang di zaman Nabi dilansir dari kajian Ustaz Ahmad Sarwat.
Jumlah Korban Perang di Zaman Nabi Ternyata Sedikit, Tak Lebih dari 400 Orang




Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)