135 Homestay Baru Bromo-Tengger-Semeru Siap Sambut Wisatawan

Kamis, 02 Maret 2017 - 17:22 WIB
135 Homestay Baru Bromo-Tengger-Semeru Siap Sambut Wisatawan
135 Homestay Baru Bromo-Tengger-Semeru Siap Sambut Wisatawan
A A A
JAKARTA - Percepatan pembangunan Homestay di salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mengalami perkembangan signifikan. Salah satunya di daerah Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.

Seperti diketahui, Kementerian telah menetapkan 10 destinasi prioritas yang biasa dipanggil dengan 10 Bali Baru adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Gunung Bromo-Tengger-Gunung Semeru (Jawa Timur), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara) dan Tanjung Kelayang (Belitung).

”Sejauh ini yang sudah terlapor terbangun sekitar 135 homestay, jelas ini kabar menggembirakan bagi destinasi Bromo dan sekitarnya, dan ini proses pembangunannya masih terus berjalan,” ujar Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restaurant Republik Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Lebih lanjut pria yang biasa Yoyok ini mengatakan, dengan menjamurnya homestay yang ada di Bromo dan sekitarnya diharapkan menjadi momentum untuk semua pihak bersinergi dalam membangun pariwisata Indonesia.

”Jadi selain bersaing dengan sehat, tentunya juga bersinergi dengan baik dalam melayani wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Tentunya dengan aturan dan koridor yang jelas yang sudah ditentukan,” ujar Pakde Yoyok.

Ketua Society of Bromo itu menambahkan, karena dengan adanya Homestay, nantinya Hotel-hotel yang ada di sekitar Bromo dapat mengakomodir semua keperluan dan permintaan yang datang. ”Contohnya jika memang ada rombongan besar yang datang dan memerlukan kamar banyak, tentu keberadaan homestay sangat membantu Hotel. Ini yang dibilang sinergitas yang positif. Namun semua harus berjalan dengan aturan yang baik,” kata dia.

Lebih lanjut Yoyok mengatakan, kedepannya sebaiknya ada suatu kepastian peraturan dan kewenangan yang bisa menjadi kerangka acuan yang terorganisir dan tertib. ”Nantinya instansi terkait terus mensosialisasikan kepada asosiasi maupun pelaku wisata Bromo dan terus membenahi kekurangannya agar masa depan pariwisata di Bromo terus menjadi lebih baik. Termasuk terkait dengan Homestay,” ujarnya.

Apa yang dilakukan Pakde Yoyok dan seluruh komponen Pariwisata di Bromo-Tengger-Semeru memang sesuai dengan instruksi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar memang mentargetkan setiap destinasi prioritas mendirikan Homestay sebanyak 1000 homestay tiap destinasi atau 10.000 Homestay di 10 destinasi prioritas di tahun 2019 mendatang.

Menpar Arief Yahya pun optimistis bisa mengejar target tersebut. Selain menargetkan jumlah kunjungan wisman sebesar 20 juta wisman pada 2019, Presiden Jokowi juga meminta Menpar Arief Yahya untuk membangun 10 destinasi prioritas hingga membangun 100 ribu homestay.

”Selain itu tentunya kedepannya desain homestay yang ada harus mampu meningkatkan amenitas fasilitas pariwisata yang ada, dan bisa melayani wisatawan dengan baik," kata Menpar.

Homestay juga menjadi salah satu capaian prioritas di tahun 2017.

Seperti diketahui, pekerjaan fundamental Menpar Arief Yahya soal branding dan advertise sudah tuntas di 2016. Next step adalah selling! Mengejar target Presiden Joko Widodo yang mematok di angka 20 juta di 2019, yang dimulai dengan 15 juta di 2017. Kemenpar pun harus berjibaku menaikkan performance dengan growth 25% wisman, di tengah pertumbuhan global 4,4% dan regional ASEAN 5,1%.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4289 seconds (0.1#10.140)