Kemenpora Optimalkan Talenta Kreatif dan Potensi Pemuda Indonesia Lewat Kreativesia 2023

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:06 WIB
loading...
Kemenpora Optimalkan Talenta Kreatif dan Potensi Pemuda Indonesia Lewat Kreativesia 2023
Kemenpora mengumumkan pelaksanaan Pekan Kreatifitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 pada 25-27 Agustus 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengumumkan pelaksanaan Pekan Kreatifitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 pada 25-27 Agustus 2023 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo.

Kegiatan yang digelar secara tahunan ini memiliki misi memberikan wadah bagi kelompok dan individu yang hendak mengekspresikan kreativitas mereka. Kreativesia juga memberi wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia.

Kreativesia 2023 akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan welcome greeting speech oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pembukaan ini menandai dimulainya rangkaian acara yang dijanjikan memberikan inspirasi dan kolaborasi dalam berbagai bidang.

Acara ini akan mempertemukan peserta dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia. Sebelumnya, terdapat rangkaian acara menuju perayaan puncak di Solo. Rangkaian itu antara lain Ujug – ujug Ngegambar pada 13 Agustus 2023 di Jl. Gatot Subroto serta Goodiz x Kreativesia yang berlangsung pada hari dan tempat yang sama.

Selain itu, ada pula Ujug – ujug Ngedance (Se-Solo Menari di Jalan) pada 20 Agustus 2023 di Jl. Gatot Subroto. Pada 25-27 Agustus 2023, Kreativesia akan memamerkan beragam program dan kegiatan. Salah satunya adalah kompetisi nasional dan umum dari berbagai sub-bidang kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), desain grafis, serta barista.



Acara ini juga akan menghadirkan festival musik yang mengolaborasikan musisi nasional dan musisi lokal. Selain itu kreativesia akan diisi Creative market yang menampilkan produk sandang, pangan, senin dan kerajinan tangan dari delegasi pemuda 38 Provinsi.

Berikutnya, ada talkshow yang akan menghadirkan berbagai topik seperti Creativaction, Visual Damage, Coffee Atack, Festival Attack, dan Safety Riding. Sementara itu, komunitas Festival akan menampilkan pameran interaktif dari berbagai bidang seperti otomatif, olahraga, seni, visual, desain grafis, film dan fotografi, fashion, gaya hidup, tari, seni jalanan, wirausaha, kopi, cosplay, serta permainan.

Acara juga akan dimeriahkan pawai budaya nasional Kreativesia 2023 menjadi kolaborasi individu, komunitas kreatif di Solo uang diwakili Se-Solo Creative Circle, serta institusi dan lembaga.

Menurut Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Yohan mengatakan kegiatan Kreativesia 2023 ini menjadi kolaborasi unik antara individu, dan komunitas kreatif para pemuda dari Solo. Sehingga bisa ditampilkan di depan para pemuda pemudi dari berbagai provinsi mengenalkan pameran sekaligus menampilkan budaya anak muda.

”Kami yakin acara ini akan menciptakan dampak positif bagi individu, komunitas dan kelompok kreatif lokal dan nasional yang terlibat. Melalaui semangat kerja sama, kami berharap Kreativesia 2023 dapat menghasilkan solusi kolektif untuk menumbuhkan industri kreatif global, dengan fokus pada kreativitas pada generasi muda Indonesia, khususnya kota Solo dan sekitarnya.” tegas Yohan.



Kemenpora mengundang semua pihak hadir dan berpartisipasi dalam Kreativesia 2023. Hal ini menjadi upaya nyata untuk membentuk masa depan yang kreatif dan berdaya saing bagi Indonesia.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)