Apa Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita? Waspada Nyeri Tubuh hingga Cepat Lelah

Senin, 28 Agustus 2023 - 09:49 WIB
loading...
Apa Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita? Waspada Nyeri Tubuh hingga Cepat Lelah
Gejala kolesterol tinggi pada wanita bisa berupa timbul rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan jenis lemak yang diproduksi oleh hati dan diperlukan oleh tubuh. Meski begitu, jika kadar kolesterol tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Tanda-tanda kolesterol tinggi memang bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang tidak merasakan gejala apapun, ada pula yang mengalami nyeri di bagian tengkuk, dada, atau kaki. Sebagian orang juga ada yang memiliki gumpalan lemak di kulit atau kelopak mata.

Tanda-tanda tersebut umumnya bakal dirasakan oleh pria yang mengidap kolesterol tinggi. Sementara wanita diketahui memiliki gejala yang berbeda ketika kolesterol sedang tinggi dibanding dengan pria.

Berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala kolesterol tinggi yang dialami oleh wanita.

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita


1. Nyeri dan Pegal


Timbulnya rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi pada wanita. Kolesterol akan menyumbat pembuluh darah pada tubuh yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh tidak menerima pasokan oksigen dalam darah secara maksimal. Jika demikian, badan akan merasakan pegal dan juga nyeri di bagian tubuh tertentu seperti kaki dan tangan.

2. Kepala Terasa Pusing


Kepala pusing termasuk gejala seorang wanita mengalami kolesterol naik. Pusing merupakan salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh kita untuk memberitahu bahwa tubuh kita kekurangan oksigen dari darah yang mengalir tidak lancar karena tersumbat kolesterol.

3. Nyeri pada Bagian Dada


Gejala kolesterol tinggi pada wanita ini akan muncul atau dirasakan ketika kolesterol menyumbat pembuluh darah yang mendistribusikan oksigen dari dan menuju jantung. Biasanya nyeri dada ini hanya terjadi sebentar atau sementara, tergantung bagian pembuluh darah mana yang mengalami penyumbatan.



Nyeri pada dada juga dapat menjadi gejala penyakit jantung. Jika gejala ini dibiarkan, penderita dapat terkena serangan jantung bahkan stroke yang pastinya membahayakan nyawa penderitanya.

4. Pandangan Meredup atau Gelap


Gejala kolesterol tinggi ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada bagian mata, sehingga kinerja mata tidak maksimal. Mata akan tiba-tiba meredup, berbayang atau bahkan tiba-tiba gelap. Ditambah bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, gejala yang didapatkan bisa lebih parah dari yang biasanya dirasakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)