Desainer Lidia Hadiwinoto Bawa Karya Busananya Bertajuk Rintik Sunda ke Paris Front Row 2023

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
Desainer Lidia Hadiwinoto Bawa Karya Busananya Bertajuk Rintik Sunda ke Paris Front Row 2023
Lidia Hadiwinoto mengusung tema motif busana Jawa Barat dengan nama Rintik Sunda untuk dibawa ke ajang Paris Front Row 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Indonesia Fashion Chamber (IFC) melalui gelaran Paris Front Row kembali membawa sejumlah desainer untuk menampilkan karya mereka di Paris pada 1-9 September 2023.

Paris Front Row tahun ini melibatkan puluhan desainer, salah satunya Lidia Hadiwinoto asal Indonesia yang mengusung tema motif busana Jawa Barat dengan nama Rintik Sunda.

Pemilihan motif Rintik Sunda selain karena Lidia berasal dari Jawa Barat, juga bertujuan untuk memperkenalkan motif tersebut melalui momen Paris Front Row 2023. Ajang mode kelas dunia ini nantinya bukan sekadar gelaran pertunjukan fashion show, namun bisa menjadi kesempatan memperkenalkan fashion Indonesia melalu hasil karya para desainer sehingga mampu menarik minat konsumen mancanegara.

"Karena kita berasal dari Bogor, dan aku asli Jawa Barat, jadi tema yang akan kita angkat adalah Rintik Sunda dengan perpaduan pattern rintik air hujan yang erat dengan Kota Bogor, dilengkapi pattern bunga-bunga, kijang kujang, dan daun hanjuang yang tertuang di motif-motif kita,” ungkap Lidia Hadiwinoto.

Rintik Sunda sendiri bercerita tentang keindahan lokal budaya dan warisan dari Tanah Sunda, khususnya Bogor, di mana kota ini memiliki banyak unsur budaya yang dapat dituangkan di dunia fashion. Inilah yang menjadi inspirasi mode busana Lidia Hadiwinoto di ajang Paris Front Row.

Ada tiga motif yang tertuang, yaitu Botanical yang bermakna berkah serta kesuksesan bagi sumber kehidupan, Kujang Kijang dengan makna keamanan serta perlindungan, dan Daun Hanjuang yang bermakna kebersamaan serta kerja sama pada proses kehidupan.

“Tentu dengan model-model baju khas sana, diselaraskan lewat style Eropa, supaya mereka yang di sana juga tertarik dan nantinya pasar kita akan lebih luas,” kata Lidia Hadiwinoto.

Sempat terlaksana pada 2018 dan 2019, kemudian berlanjut pada 2022 pascapandemi, di tahun ini konsep Paris Front Row masih mengadopsi acara yang telah berjalan selama dua tahun sebelumnya. Namun, yang jadi pembeda, kegiatan kali ini tidak hanya berpusat di Paris, tapi juga diselenggarakan di beberapa kota lain guna memperluas cakupan pasar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)