Tips MotionPay: 3 Hal Penting untuk Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:55 WIB
loading...
Tips MotionPay: 3 Hal Penting untuk Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah
Untuk bisa mengisi daya kendaraan listrik di rumah menggunakan wall charging, Anda perlu memperhatian beberapa hal penting. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Seiring dengan upaya penghematan energi, kini penggunaan kendaraan listrik kian meningkat di kalangan masyarakat, baik motor maupun mobil. Berbagai jenis, tipe, dan model kendaraan listrik mulai bermunculan sehingga semakin menarik perhatian masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik.

“Kendaraan listrik menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena merupakan sesuatu yang baru. Dengan peralihan kendaraan yang tadinya menggunakan bensin menjadi listrik tentunya perlu penyesuaian, terutama persiapan bagi para pengguna motor atau mobil listrik agar dapat mengisi daya secara mandiri di rumah masing-masing," ujar Managing Director Motion Technology, Jessica Tanoesoedibjo.



Untuk bisa mengisi daya kendaraan listrik di rumah menggunakan wall charging, Anda perlu memperhatian beberapa hal penting berikut ini, antara lain:

1. Kapasitas Baterai Kendaraan

Ketika Anda ingin membeli motor atau mobil listrik, Anda perlu memperhatikan kapasitas serta durasi yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai karena setiap kendaraan listrik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk motor listrik, umumnya memiliki kapasitas baterai di bawah 5 kWh. Untuk mobil listrik, memiliki kapasitas baterai yang cukup beragam yaitu mulai dari 26 kWh hingga 100 kWh.

2. Kapasitas Listrik di Rumah

Anda perlu memperhatikan besarnya daya listrik di rumah dan disesuaikan kebutuhan dari kendaraan listrik yang Anda miliki. Untuk motor listrik, umumnya membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar yaitu sekitar 450 Watt sehingga pengisian dengan daya listrik 900 VA masih mencukupi. Untuk mobil listrik, kebutuhan daya listrik beragam, mulai dari 2.200 VA hingga 7.200 VA tergantung kapasitas baterai kendaraan tersebut. Jika kapasitas listrik di rumah Anda belum memadai, Anda bisa mengajukan penambahan daya listrik kepada PLN.

3. Lokasi Pengisian Daya

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi pengisian daya listrik, apakah di dalam atau luar ruangan. Jika di dalam ruangan seperti garasi, maka Anda dapat memasang wall charging dengan lebih mudah dan aman. Namun, jika Anda tidak memiliki garasi atau berada di luar ruangan, pastikan wall charging dipasang pada lokasi yang aman dan terlindungi, atau Anda dapat memasang kotak pelindung jika diperlukan.



Ketiga hal tersebut perlu diperhatikan supaya Anda tidak kesulitan ketika mengisi daya kendaraan listrik Anda. Agar kebutuhan listrik di rumah Anda bisa terus terpenuhi, Anda bisa membeli token PLN atau membayar tagihan PLN secara rutin melalui aplikasi MotionPay sehingga semakin praktis.

Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay .

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik ( e-money , e-wallet, dan digital remittance).

#LifeInMotion #MovingForward with #MotionPay #MNCFinancialServices #DompetDigital #E-Wallet #MotorListrik #MobilListrik #KendaraanListrik #WallCharging #PLN
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)