Ribuan Warga Bersama Gardu Ganjar Gelar Selawat Bersama di Lebak

Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:42 WIB
loading...
Ribuan Warga Bersama Gardu Ganjar Gelar Selawat Bersama di Lebak
Ribuan warga relawan Gardu Ganjar mengikuti kegiatan Banjarsari Berselawat di Lapangan Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Selasa (29/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Ribuan warga mengikuti kegiatan Banjarsari Berselawat di Lapangan Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Kegiatan tersebut didukung relawan Gerakan Warga Desa Untuk (Gardu) Ganjar untuk menghormati perjuangan para pahlawan dan mendoakan bangsa Indonesia.

"Tujuannya adalah, satu, ajang silaturahmi masyarakat. Yang kedua, mengenalkan juga sosok Pak Ganjar di kalangan masyarakat di tingkat desa," kata Ketua Gardu Ganjar Banten Ahmad Wahyudin Nasyar, Selasa (29/8/2023) malam.

Melalui selawat dan doa bersama itu juga diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi warga yang saat ini tengah dilanda kekeringan akibat musim kemarau. Dampak kekurangan air ini antara lain menurunkan produktivitas sektor pertanian hingga menghambat aktivitas sehari-hari yang menggunakan air.

"Kemudian juga tujuan utamanya adalah selametan bumi karena memang saat ini di Banten sudah mengalami kekeringan. Mudah-mudahan dengan diadakannya selawat ini bisa segera turun hujan di wilayah Kabupaten Lebak khususnya dan Banten ini," ujarnya.

Kiai Haji Elang Mangkubumi, salah seorang pengisi kegiatan selawat menjelaskan keutamaan dan manfaat berselawat bersama bagi masyarakat. Berselawat memiliki banyak manfaat dari mulai meningkatkan kesehatan mental hingga mengubah keadaan buruk menjadi lebih baik.

"Selawat itu salah satunya bagaimana dia bisa melahirkan sebuah hikmah yang luar biasa. Sampai, mengeluarkan penyakit-penyakit hati, penyakit-penyakit badan, pikiran, sehingga yang tadinya tidak tenang menjadi tenang. Yang tadinya gelisah bisa hilang kegelisahannya. Yang tadinya merasa kesusahan bisa hilang kesusahannya," tutur tokoh pemuka agama yang dikenal dengan sebutan Abah Elang ini.

Kegiatan yang dihadiri para tokoh Kabupaten Lebak itu berlangsung meriah sekaligus khidmat saat para pemuka agama memimpin selawat bersama diiringi musik islami.

Di tengah acara, Abah Elang juga menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi menjaga suasana aman dan lancar menjelang Pemilu 2024.

"Bertepatan dengan hari lahirnya Indonesia yang ke-78, maka selawat ini adalah salah satu penutup dari bulan di mana kita dimerdekakan. Yang lebih jelasnya lagi, bagaimana kami bermunajat terhadap Allah dengan selawat-selawat yang kami bacakan secara bersama-sama," ujarnya.

Melalui kegiatan berselawat itu, dia berharap Allah SWT menjadikan Indonesia sebagai negara yang dikaruniai kebaikan dan dijatuhkan dari berbagai keburukan. Untuk mewujudkan harapan itu, salah seorang tokoh masyarakat Banten, Kiki Rizki menilai Indonesia membutuhkan sosok pemimpin dengan kriteria seperti Ganjar Pranowo.

Menurutnya, kepemimpinan Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode terakhir sudah terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. "Mudah-mudahan Pak Ganjar jadi Presiden masyakarat Banten kian sejahtera. Itu harapan dari masyarakat Banten," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)