Tawarkan Keindahan Wisata Laut, Kampung Malahing di Bontang Peringkat 3 ADWI 2023

Rabu, 30 Agustus 2023 - 22:07 WIB
loading...
Tawarkan Keindahan Wisata Laut, Kampung Malahing di Bontang Peringkat 3 ADWI 2023
Kampung atas air Malahing di Bontang, Kaltim masuk peringkat tiga besar kategori Kampung Wisata Maju pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Foto/Ist
A A A
BONTANG - Kampung atas air Malahing di Bontang, Kalimantan Timur masuk peringkat tiga besar kategori Kampung Wisata Maju pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ketua RT 30 Malahing, Nasir Lakada mengatakan penghargaan ini merupakan buah perjuangan masyarakat dengan dukungan berbagai pihak di Bontang. Hingga akhirnya Malahing berhasil menjadi salah satu destinasi desa wisata unggulan di Indonesia.



Saat ini masyarakat Malahing jauh lebih berdaya dengan beragam keterampilan dan sektor usaha. Di antaranya inovasi olahan rumput laut menjadi berbagai produk bernilai ekonomi, seperti sabun, sirup, makanan ringan, budidaya teripang dan rumput laut.



Selanjutnya kemampuan membatik dengan produk usaha Batik Malahing, hingga homestay sebagai penunjang pariwisata di kawasan tersebut.

Pengembangan kapasitas usaha pun dilakukan yaitu kemampuan manajemen dan promosi untuk menyasar pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kualitas lingkungan juga sepenuhnya disadari masyarat, dibuktikan makin hijaunya kawasan Malahing beberapa tahun terakhir.



Prestasi ini tak lepas dari program Better Living in Malahing, sehingga kawasan tersebut mampu bertransformasi menjadi kampung wisata dengan daya tarik budaya dan potensi alam menarik di Kota Bontang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2629 seconds (0.1#10.140)