4 Fakta Pemakaman Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Digelar Tertutup

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:21 WIB
loading...
4 Fakta Pemakaman Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Digelar Tertutup
Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dimakamkan dalam sebuah upacara rahasia di Saint Petersburg, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, telah dimakamkan dalam upacara rahasia di Rusia. Dia dinyatakan tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat pribadi di Tver pada Rabu pekan lalu.

Kecelakaan pesawat itu dua bulan setelah Prigozhin memimpin Wagner melakukan pemberontakan bersenjata melawan militer di Rusia.

Pemakaman bos Wagner tidak biasa, karena berlangsung secara rahasia dan dijaga ketat militer Rusia.

4 Fakta Pemakaman Rahasia Yevgeny Prigozhin


1. Dimakamkan di St Petersburg


Mendiang Prigozhin telah dimakamkan di Porokhovskoe, St Petersburg, Rusia. Pihak berwenang mengonfirmasi pemakaman tersebut pada Selasa (29/8/2023).

Mengutip Reuters, pemakaman Prigozhin berlangsung jauh dari sorotan media. Dari sejumlah foto dan video yang tersebar, makamnya dipenuhi bunga serta kehadiran petugas keamanan.

Seorang pegawai yang turut hadir menyebutkan bahwa hanya ada sekitar 20 hingga 30 orang yang menghadiri upacara pemakaman Prigozhin. Tak hanya itu, waktunya pun cukup singkat sekitar 40 menit saja.

2. Vladimir Putin Tidak Hadir


Sebelum agenda pemakaman rahasia Prigozhin diumumkan, Kremlin telah menegaskan lebih dulu bahwa Presiden Vladimir Putin tidak akan hadir. Lebih lanjut, orang yang terlibat pada prosesi pemakaman itu hanya keluarga dan kerabat saja.

Kremlin tidak menjelaskan alasan Putin absen dari pemakaman mantan sekutunya itu.

3. Alasan Pemakaman Tertutup


Ada sejumlah alasan yang mungkin mendasari keputusan pemakaman Prigozhin digelar tertutup. Salah satunya adalah untuk menghindari demonstrasi spontan yang mendukung Prigozhin.

Mengutip The Guardian, beberapa analis beranggapan bahwa Kremlin berusaha membingungkan masyarakat terkait lokasi pemakaman Prigozhin. Meski telah diketahui tempatnya, namun tetap saja prosesi digelar tertutup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)