5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul pada Wajah, Kenali dan Waspadai!

Kamis, 31 Agustus 2023 - 15:47 WIB
loading...
5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul pada Wajah, Kenali dan Waspadai!
Tanda kolesterol tinggi juga dapat muncul pada wajah seseorang. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah tanda kolesterol tinggi yang dapat muncul pada wajah seseorang. Dengan memahaminya, Anda setidaknya bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi hal yang lebih buruk.

Kolesterol dapat diartikan sebagai zat sejenis lemak yang dihasilkan oleh organ hati. Zat ini mengalir dalam tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Kondisi ini dapat memunculkan endapan yang mempersulit aliran darah untuk mengalir melalui arteri.

Terkait gejala, terkadang kolesterol tinggi juga berpotensi memunculkan tanda pada bagian tubuh, misalnya wajah. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut beberapa di antaranya.

Tanda Kolesterol Tinggi di Wajah


1. Corneal Arcus


Arkus kornea merupakan kondisi ketika muncul cincin putih keabu-abuan di sekitar kornea mata. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), Corneal Arcus dapat menjadi sinyal kadar kolesterol yang sangat tinggi.



Namun, kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.

2. Psoriasis


Berikutnya ada Psoriasis. Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit kepala, lutut, siku, dan punggung bawah. Namun, beberapa di antaranya juga ditemukan pada wajah.

Psoriasis bisa menyebabkan bercak tebal dan bersisik di kulit. Pada kondisi kulit yang lebih terang, bercak mungkin berwarna merah muda atau merah. Sementara jika kulit lebih gelap, bercak akan berwarna hitam keunguan.

3. Xanthomas


Xanthomas adalah kondisi lesi kulit yang keras dan tampak seperti lilin. Hal ini bisa muncul karena terjadi karena penumpukan kolesterol yang menyebabkan endapan di bawah permukaan kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)