4 Ustaz Kondang Tanah Air Bergelar Lc yang Disukai Anak Muda, dari UAS hingga UHA

Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:21 WIB
loading...
4 Ustaz Kondang Tanah Air Bergelar Lc yang Disukai Anak Muda, dari UAS hingga UHA
Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad, dua dai muda yang cukup populer di kalangan anak muda Tanah Air. Foto istagram ustaz adi hidayat
A A A
Ada banyak ustaz bergelar Lc yang sering dijumpai di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan sangat populer di kalangan anak muda.

Gelar Lc merupakan singkatan dari Licentiate. Istilah ini berasal dari bahasa Latin, tepatnya dari kata "licentia" yang bermakna kebebasan. Kemudian, ada juga pendapat lain yang menghubungkan istilah "Licentiate" dengan kata dalam bahasa Inggris, yakni "license" yang berarti lisensi.

Selain itu, perlu diketahui bahwa gelar Lc memiliki cakupan yang luas. Tak hanya terbatas pada lulusan syariah dan bahasa Arab, namun juga mencakup bidang keilmuan lain. Gelar ini biasanya diperoleh oleh mahasiswa yang mengejar pendidikan di Timur Tengah, termasuk negara-negara seperti Mesir, Arab Saudi, Qatar dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, sangat banyak pemilik gelar Lc. Dari sekian pemiliknya, memang lebih sering dijumpai pada ustaz atau pendakwah . Sebagian di antaranya bahkan sangat populer di media sosial, khususnya bagi kalangan anak muda. Siapa sajakah mereka?

Ustaz Kondang Bergelar Lc di Indonesia

1. Ustaz Abdul Somad

Sosok Ustaz Abdul Somad atau UAS tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Tanah Air. UAS dikenal sebagai salah satu penceramah kondang yang tausiyahnya disukai berbagai kalangan.

Pada riwayatnya, Ustaz Abdul Somad adalah seorang ulama kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara. Dalam latar belakangnya, beliau diketahui sebagai keturunan Melayu Riau dan Melayu Asahan.

Terlepas dari statusnya sebagai penceramah kondang, UAS memiliki gelar akademik yang cukup banyak. Jika dituliskan adalah Ustadz Prof. H. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D. Selain itu, beliau juga memiliki gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara.

Pasca menyelesaikan pendidikan menengah atas, Ustadz Abdul Somad sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada 1996-1998 sebelum akhirnya melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Mesir.

Kemudian, setelah mendapat gelar Lc, UAS juga sempat melanjutkan pendidikan jenjang S2 di University Kebangsaan Malaysia. Namun, beliau hanya berkuliah selama dua semester.

Pada tahun 2004, UAS mendapatkan beasiswa program S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat dan mendapat gelar D.E.S.A pada 2006. Setelah itu, Abdul Somad melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Islam Omdurman Sudan dan menyelesaikannya pada 2019.

2. Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Dr. (HC) Adi Hidayat Lc., M.A. merupakan salah satu Dai populer di kalangan warganet Tanah Air. Video ceramahnya telah banyak tersebar di berbagai platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan lainnya.

Ustaz Adi Hidayat lahir di Pandeglang, Banten pada 11 September 1984. Pada riwayat pendidikannya, beliau pernah mendapatkan sejumlah gelar akademik.

Salah satunya setelah menyelesaikan pendidikan S1 Kulliyyah Dakwah Islamiyyah Tripoli, Libya (2005-2009). Tak sampai disitu saja, Adi Hidayat melanjutkannya ke jenjang S2 di Islamic Call College, Tripoli, Libya.

Pada 2019, Ustaz Adi Hidayat juga menerima gelar doktor kehormatan (honoris causa) atas kontribusinya di bidang pengetahuan, budaya, dan dakwah dari Universitas Astrolabe Istanbul, Turki.

Selain menjadi penceramah populer di Tanah Air, Ustadz Adi Hidayat juga aktif menulis buku ilmiah berbahasa Arab dan Indonesia. Telah banyak karya-karyanya yang rilis dan mendapat tanggapan positif.

3. Ustaz Khalid Basamalah

Berikutnya ada Ustaz Prof. Dr. Khalid Zeed Abdullah Basamalah, Lc., M.A. Sosok pendakwah kelahiran Makassar ini juga banyak dikenali masyarakat luas dengan berbagai ceramah dan tausiyahnya yang beragam.

Khalid Basamalah menjadi salah satu ustaz yang cukup sering memberikan dakwahnya melalui media sosial seperti YouTube. Dalam hal ini, beliau memahami bahwa kecanggihan teknologi kini menjadi media dakwah yang efektif untuk menyebarluaskan syiar Islam.

Mengutip informasi dari Repository UIN Banten, Khalid Basalamah menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Madinah, Arab Saudi. Sementara jenjang S2 diselesaikan di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Tak sampai disitu saja, Ustaz Khalid Basalamah juga mendapat gelar doktor setelah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Muslim Indonesia.

4. Ustaz Hanan Attaki

Sosok Ustaz Hanan Attaki juga cukup populer di kalangan warganet Indonesia. Beliau dikenal sebagai penceramah yang tausiyahnya menyejukan hati para pendengarnya.

Ustaz Hanan Attaki lahir di Banda Aceh pada 31 Desember 1981. Tausiyah-tausiyahnya sangat disukai kalangan anak muda. Tak hanya karena penampilannya yang gaul, kajian yang dibawakan juga selalu menarik dan penyampaiannya pun mudah dipahami.

Pada riwayat pendidikannya, Ustaz Hanan Attaki dulunya adalah lulusan Pondok Pesantren Ruhul Islam Banda Aceh. Dikenal sebagai murid berprestasi, beliau mendapat beasiswa untuk kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ushuluddin, jurusan Tafsir al-Qur’an, Hanan Attaki memperoleh gelar licence (Lc.) pada tahun 2004.

Itulah sejumlah ustaz kondang Tanah Air bergelar Lc yang tausiyahnya disukai kalangan anak muda. Selain keempat di atas, sejatinya masih banyak nama ustadz lain yang juga memiliki gelar Lc, hanya saja belum bisa disebutkan satu per satu.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)