Pesona Mistis Air Terjun Bercabang Tiga Talondo Tallu

Rabu, 22 Maret 2017 - 19:18 WIB
Pesona Mistis Air Terjun Bercabang Tiga Talondo Tallu
Pesona Mistis Air Terjun Bercabang Tiga Talondo Tallu
A A A
TANA TORAJA - Obyek wisata air terjun talondo tallu yang terletak di dusun sanik lembang balepe' kecamatan malimbong balepe', berjarak 30 kilo meter dari kota Makale. punya keunikanya sendiri yakni air terjun bercabang tiga dengan menawarkan kesejuk alamnya.

Air terjun talondo tallu ini bercabang tiga dengan pertemuan ketiga air terjun tersebut berbentuk kolam alam dengan air yang jernih. Yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu libur di air terjun tersebut. Uniknya lagi penjaga atau juru kunci air terjun ini Indo Talando mempunyai rambut terpanjang di Toraja sekitar 7-9 meter, menurut masyarakat kampung (dusun) Sanik bahwa rambut indo' talondo sejak berumur 10 tahun hinggah berumur 65 saat ini, rambutnya tetap dipelihara, karena gunting biasa tidak mempan untuk memotongnya.

Indo' talando yang setiap saat melakukan ritual adat di lokasi Obyek Talondo tallu, untuk menjaga keselamatan bagi para pengunjung, karna konon katanya ada penjaga lain, selain indo talondo.

"Dan bagi para pengunjung air terjun talondo tallu tidak di perkenankan untuk memakai baju warna hitam saat di lokasi." ujar kepala lembang (desa) balepe', Kala' Lembang, beberapa waktu lalu kepada media.

Dia juga menambahkan bahwa Infrastruktur, sarana dan prasarana yang belum mendukung untuk menuju objek wisata air terjun talando tallu segera mungkin dibenahi.

"Obyek Wisata Talondo Tallu ini secepatnya di dibenahi sarana dan prasarana yang mendukung, baik itu infrastruktur jalan, gasebo dan pondok untuk indo' talondo menginap sewaktu-waktu, agar secepatnya mendapat perhatian dari pemerintah", tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4294 seconds (0.1#10.140)