Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Minum Kopi Sebulan

Jum'at, 01 September 2023 - 18:54 WIB
loading...
Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Minum Kopi Sebulan
Ketika berhenti mengonsumsi kopi selama sebulan, tubuh akan mengalami masa penyesuaian karena kekurangan kafein. Awalnya Anda akan merasakan sakit kepala. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ketika berhenti mengonsumsi kopi selama sebulan, tubuh akan mengalami masa penyesuaian karena kekurangan kafein. Awalnya Anda akan merasakan beberapa gejala seperti sakit kepala.

Mereka yang berhenti minum kopi sebulan juga sering merasakan kelelahan, mudah tersinggung, dan sulit berkonsentrasi. Namun, Gejala ini biasanya mereda setelah beberapa hari seiring tubuh beradaptasi dengan kekurangan kafein.

Menghentikan konsumsi kopi selama sebulan dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi ketergantungan pada kafein untuk energi, dan hidrasi yang lebih baik. Ini karena kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, Anda akan merasakan perubahan pada pencernaan.

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Minum Kopi Sebulan



Berikut manfaat berhenti minum kopi sebulan dilansir dari Indian Express, Jumat (1/9/2023).



1. Peningkatan Tidur


Kafein dapat mengganggu kualitas tidur, dan berhenti minum kopi dapat menyebabkan pola tidur yang lebih baik dan meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan.

2. Mengurangi Ketergantungan


Seiring waktu, beberapa orang mengembangkan ketergantungan pada kafein. Berhenti minum kopi dapat membantu mengurangi ketergantungan ini dan menghasilkan tingkat energi yang lebih seimbang sepanjang hari.



3. Mengurangi Asupan Asam


Kopi bersifat asam dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan bagi sebagian orang. Berhenti minum kopi dapat meringankan masalah yang berkaitan dengan asam lambung atau gangguan pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)