Makanan Ini Mampu Tingkatkan Mood

Jum'at, 24 Maret 2017 - 07:06 WIB
Makanan Ini Mampu Tingkatkan Mood
Makanan Ini Mampu Tingkatkan Mood
A A A
JAKARTA - Ahli gizi Zoe Bingley-Pullin mengungkap beberapa makanan yang mampu meningkatkan suasana hati. Apa saja?

Apa yang disebut Zoe ini bukan tanpa alasan, di mana makanan seperti beras merah, salmon, atau alpukat dapat membuat mood dan membuat hari-hari terasa lebih cerah.

Alpukat menjadi salah satu dari makanan yang menjadi penguat suasana hati. Zoe mengungkap mengandung lebih banyak asam folat dibandingkan buah lainnya. Vitamin B yang ada didalamnya tidak hanya sangat bermanfaat untuk wanita hamil, juga membantu mengurangi homosistein, asam amino yang terkait dengan kecemasan dan depresi dalam tubuh.

Alpukat juga dikemas dengan Omega-3 yang telah lama dikaitkan dengan meningkatkan penglihatan dan kesehatan jantung.

Selain itu beras coklat atau karbohidrat lain menjadi kunci untuk menciptakan hidangan yang meningkatkan suasana hati. Penelitian telah menghubungkan karbohidrat untuk produksi serotonin, penstabil mood alami terkait dengan rendahnya tingkat depresi.
Sebelumnya, karbohidrat dinaggap jahat untuk berat badan, tapi tidak ada yang sehat tentang penguat energi ini.

Ahli gizi Australia Lyndi Cohen memastikan untuk memasukkan karbohidrat dalam diet sendiri yang membantu mengatasi kecemasan klinis.

“Banyak sayuran dan kacang-kacangan [akan memberikan] karbohidrat pembakaran lambat yang membantu untuk menjaga mood dan hormon lebih stabil, "kata Coren seperti dilansir Daily Mail Australia.

Makanan lain yang benar-benar baik untuk suasana hati adalah cokelat. Dark chocolate (cokelat hitam) sebenarnya telah dikaitkan dengan mengurangi hormon stres, seperti kortisol, serta menurunkan tekanan darah.

Satu studi mengungkap pria yang mengkonsumsi cokelat hitam dan kemudian menjalani situasi stres pada dua jam kemudian memiliki tingkat signifikan lebih rendah dari hormon stres dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Sementara, studi di Amerika Serikat menyimpulkan konsumsi 40 gram cokelat susu setiap hari menjadi cara efektif untuk mengurangi stres pada wanita.

Pisang yang dicelup dalam cokelat pun memberi pengaruh besar untuk mood. Pisang yang dikemas dengan asam amino triptofan yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, tetapi pisang tidak ada dalam daftar makanan favorit untuk mood.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)