Zaskia Adya Mecca Ingin Bangun Masjid, Dapat Teguran karena Hal Ini

Minggu, 03 September 2023 - 07:10 WIB
loading...
Zaskia Adya Mecca Ingin Bangun Masjid, Dapat Teguran karena Hal Ini
Zaskia Adya Mecca membagikan kisah tentang awal hatinya terketuk untuk membangun masjid. Foto/Instagram Zaskia Adya Mecca
A A A
JAKARTA - Zaskia Adya Mecca membagikan kisah tentang awal hatinya terketuk untuk membangun masjid.

Hal itu ternyata bermula pada Ramadan lalu. Di 10 malam terakhir Ramadan, tiba-tiba terlintas di benak Zaskia untuk membangun sebuah masjid di dekat rumahnya.

“Banyak nangisnya hari ini.. kenapa? Lagi bangun rumah.. namanya manusia suka ngerasa kalo bisa lebih, kenapa ngga.. ada tanah disamping pembangunan.. mau beli buat nambahin luasnya,” tulis Zaskia Adya Mecca dalam unggahan Instagramnya, dikutip Minggu (3/9/2023).



“Entah gimana di malam 21 ramadhan tahun ini, selesai shalat trawih di kantor ku terbesit 'kenapa tanah tambahannya ga buat masjid aja? Kan sekitar sini ga ada masjid atau mushola yang dekat dan enak aksesnya'. Keinginannya kuat sekali,” lanjutnya.

Kuatnya keinginan tersebut membuat Zaskia mendapat banyak kemudahan. Mulai dari dealing hingga mendapat gratis desain masjid. Dirinya pun telah menemukan nama yang indah untuk bangunan masjid tersebut, yakni Al-Lail.

Alasannya, karena keinginan membangun masjid ini bermula di 10 malam terakhir Ramadan dan keindahan surat Al-Lail dalam Al Quran yang mengajak berbagi secara ikhlas.

“Singkat cerita kemudahan2 langsung mengalir gitu aja.. dr dealing, akad jual beli, cari arsitek sampai berlimpah yang menawarkan diri dan bilang “free buat design masjid!” Mana keren2 semua.. akhirnya setelah istiqarah berjodoh sama mas @julianpalapa, baru mulai perjalanan, terasa sekali Allah lancarin," tulis Zaskia lagi.

Namun, di balik segala kemudahan tersebut, ternyata Zaskia sempat mendapat teguran dari temannya. Istri Hanung Bramantyo yang mulanya ingin membangun masjid seorang diri, akhirnya membuka hati dengan mengajak orang lain untuk turut bersedekah bersama-sama membangun rumah ibadah umat Islam itu.



“Awalnya kita niat bangun sendiri pelan2 krn disambi bangun rumah, ga mau nyusahin orang cari2 sumbangan.. tapi temen nyolek bilang, 'kata salah seorang guru, lbh baik buka pintu bersama menuju amal jariyah.. krn banyak yang mau untuk ini',” kata Zaskia.

“Akhirnya kmrn aku buka link donasi, lalu pas liat progress sampe ga berenti dong air mata.. belum 2x24jam udah terkumpul 275jt,” lanjutnya.

Hal ini membuat Zaskia mendapat hikmah dan pelajaran yang sangat berharga. Yaitu untuk tidak menjadi egois.

“Aku paham skr, pentingnya membuka kesempatan membangun bersama.. supaya lepas rasa kemelekatan dalam diri yang merasa “ni masjid ku! Aku yang bangun” nyaris.. alhamdulillah Allah selamatkan lagi aku dari rasa itu," ujarnya.

“Ini masjid bersama, dua ribu lebih orang yang sudah menyumbang.. Allah hanya menunjuk aku sebagai Project Director. Ini punya umat dan kebetulan aku diberikan amanah untuk menjalankan juga mengawal semua proses dengan baik juga perjalanan masjid ini, Insyaa Allah..,” pungkas Zaskia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)