alexametrics

5 Tips Membuat Acar untuk Pendamping Olahan Daging Kurban

loading...
5 Tips Membuat Acar untuk Pendamping Olahan Daging Kurban
Acar memiliki banyak jenis. Tapi, di momen Idul Adha ini, acar mentimun menjadi pilihan. Makanan ini menjadi pelengkap sempurna untuk beragam olahan daging. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Acar mentimun yang masih segar dan renyah cocok disajikan dengan berbagai macam hidangan, mulai nasi goreng, mi goreng hingga sate.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis acar, dari acar mentimun mentah hingga acar kuning yang menyegarkan. Cara membuatnya juga sangat mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa acar tetap lezat dan segar. Berikut tips membuat acar seperti dikutip Endeustv.

1. Gunakan sayuran yang segar
Acar umumnya adalah sayuran yang difermentasikan. Untuk menjaga kesegaran rasanya, sayuran yang digunakan harus benar-benar sayuran segar. Pilih mentimun yang masih muda dan segar sehingga tidak terlalu banyak biji.

Selain itu, wortel, bawang merah, cabai, dan bahan lainnya juga harus dalam keadaan segar. Sayuran yang kurang segar akan mempengaruhi rasa acar dan membuatnya kurang lezat.



2. Cuci bersih semua sayuran
Sebelum digunakan untuk acar, pastikan sayuran sudah dicuci dengan baik. Hal ini sangat penting terutama untuk acar yang mentah. Pastikan mencuci sayuran dengan air garam untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada kulit sayuran.

Jika sudah dicuci, bisa langsung mengiris sayuran sesuai dengan ukuran yang diinginkan. (Baca juga: Resep Bikin Rendang Sapi yang Kelezatannya Dikenal Dunia).



3. Perhatikan komposisi bumbu
Komposisi bumbu untuk marinasi acar juga sangat penting. Acar harus mempunyai rasa manis, dan asam. Acar yang terlalu asam terasa kurang nikmat, namun jika kurang asam juga bukan acar namanya.

Anda bisa bereksperimen untuk menemukan takaran komposisi bumbu yang disukai. Selain itu, bisa menggunakan cuka masak untuk memberikan rasa asam. Alternatif lainnya bisa menggunakan air lemon atau air jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Rendam setidaknya 30 menit
Setelah semua sayuran diiris dan bumbu marinasi siap, campur semua bahan. Pastikan semua sayuran direndam dengan bumbu. Dalam tahap ini, acar masih belum bisa langsung dikonsumsi.

Acar perlu didiamkan selama setidaknya 30 menit hingga 1 jam agar bumbu bisa benar-benar meresap ke dalam sayuran. Jika disimpan dalam kulkas, acar mentimun mentah bisa bertahan selama kurang lebih dua hari.

5. Untuk acar masak, perhatikan proses memasak
Berbeda dengan acar mentah, acar yang dimasak dikenal dengan acar bumbu kuning. Sayuran untuk acar kuning ini dimasak bersama bumbu dan biasanya disajikan dengan ikan goreng.

Untuk membuat acar kuning sebaiknya perhatikan urutan proses memasak. Sayuran dengan tekstur keras harus dimasak pada urutan pertama kemudian disusul dengan sayuran yang bertekstur lunak. Dengan cara ini sayuran akan mempunyai tekstur yang sama-sama renyah dan segar.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak