10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Kamis, 06 April 2017 - 10:51 WIB
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia
A A A
Sebagai negara tropis sangat memungkinkan beragam flora tumbuh di Indonesia. Tak heran jika banyak taman bunga bertebaran di Nusantara ini.

Untuk mengetahui taman apa saja yang paling indah, Litbang KORAN SINDO mencoba melakukan jajak pendapat terhadap 400 responden. Dengan metode wawancara langsung via telepon dari 22 Februari hingga 8 Maret di 9 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Medan, Makassar, dan Manado), mendapatkan hasil sebagai berikut :

1. Taman Bunga Sakura, Cibodas (26%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Bunga sakura identik dengan Jepang. Namun, untuk dapat menikmati keindahan bunga tersebut tidak harus pergi ke Negeri Matahari Terbit. Sebab di Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Cibodas Kabupaten Cianjur, ada lahan khusus yang disetting sebagai taman bunga sakura. Di taman ini terdapat bunga sakura yang mekar hanya dua kali dalam setahun.

2. Taman Bunga Nusantara, Cianjur (25%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Taman bunga seluas 35 hektar ini menyuguhkan pemandangan bak taman bunga di Eropa. Di dalam taman ini terdapat beragam jenis tanaman bunga indah dengan mengambil gaya sembilan tema. Di antaranya : taman air, taman mawar, taman gaya Prancis, taman gaya Bali, serta taman rahasia (labirin).

3. Taman Bunga Cihideung, Bandung (18%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Mulai dari tanaman hias hingga tanaman bunga yang biasa digunakan untuk dekorasi ada di Taman Bunga Cihideung. Taman Bunga Cihideung berlokasikan di Desa Cihideung, Lembang Bandung yang dikenal sebagai daerah tempat bercocok tanam tradisional sekaligus taman bunga terbesar dan terlengkap di Kota Kembang.

4. Taman Bunga Selecta, Malang (15%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Taman bunga Selecta terletak di Desa Tulungrejo, Batu, Kota Malang. Beberapa fasilitas yang terdapat di taman ini antara lain arena berkuda, flying fox, serta sepeda air. Lengkapnya fasilitas menjadikan taman bunga ini sebagai lokasi wisata cocok dikunjungi semua usia.

5. Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara (7%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Ketenaran kota bunga Tomohon menjadikan tempat ini dipakai sebagai tempat acara pameran berkelas internasional bertajuk 'Tomohon International Flower Festival'. Kota bunga Tomohon memiliki koleksi bunga beragam. Hal tersebut didukung dengan kondisi tanahnya yang subur dan udara sejuk.

6. Kebun Bunga Sidomulyo, Malang (2%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Kebun Bunga Sidomulyo terletak di Desa Sidomulyo, Batu, Malang. Kebun ini terlihat warna-warni karena ditumbuhi dengan beragam jenis bunga seperti mawar, sakura, lavender, dan lainnya. Di kebun bunga ini pengunjung bisa memetik bunga secara cuma-cuma selama bunga yang dipetik hanya sedikit.

7. Taman Bunga Wiladatika, Cibubur (2%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Berlokasikan di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, taman rekreasi ini bukan sekedar sebagai tempat rekreasi. Tempat ini juga biasa digunakan untuk acara-acara seperti resepsi pernikahan, acara pramuka, serta syuting iklan ataupun sinetron. Hal tersebut didukung dengan fasilitas yang tersedia seperti gedung olah raga, kolam renang, outbond, penginapan, aula pertemuan serta tempat resepsi.

8. Orchid Gardens, Bali (2%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Bali juga memiliki taman indah yaitu Orchid Gardens di Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar. Di tempat ini, pengunjung bisa menyewa jasa pemandu yang akan menjelaskan jenis-jenis dan asal-usul tanaman. Keunggulan dari taman ini adalah kebersihannya yang sangat terjaga.

9. Kebun Raya Eka Arya Bedugul, Bali (2%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Kebun Raya Eka Arya Bedugul, merupakan kebun botani besar yang terletak di Tabanan, Bali dan dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kebun ini memadukan konsep antara penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan serta rekreasi. Kebun raya ini memiliki beragam koleksi tanaman seperti kaktus, anggrek, bamboo, begonia, dan masih banyak lagi.

10. Taman Begonia, Lembang (1%)
10 Taman Bunga Terindah di Indonesia

Saat memasuki area Taman Begonia di Lembang Bandung ini, pengunjung langsung dimanjakan dengan indahnya bunga-bunga bermekaran yang tertata rapi. Taman ini sangat berwarna karena terdapat koleksi dari aneka jenis bunga.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5069 seconds (0.1#10.140)