Lingkungan Berpolusi Picu Wanita Berisiko Kanker Payudara

Selasa, 11 April 2017 - 10:20 WIB
Lingkungan Berpolusi Picu Wanita Berisiko Kanker Payudara
Lingkungan Berpolusi Picu Wanita Berisiko Kanker Payudara
A A A
JAKARTA - Selain genetik dan gaya hidup yang tak sehat, kanker payudara juga bisa disebabkan oleh polusi. Di mana penelitian yang dipublikasikan dalam Breast Cancer Research mengatakan, bahwa wanita yang tinggal di wilayah dengan polusi udara buruk lebih berisiko terkena kanker payudara.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian ini menganalisa peningkatan konsentrasi partikel setiap unit di udara, dengan memiliki kepadatan sel di payudara sebanyak 4%. Hasilnya pun ditemukan kaitan yang positif antara paparan konsentrasi partikel dan kepadatan payudara.

"Tapi kaitan yang sebaliknya antara paparan ozon dan kepadatan payudara," papar pemimpin studi, dr. Lusine Yaghjyan.

Menurut Lusine, paparan ozon yang menyebabkan wanita dalam kepadatan sel-sel di payudara. Kepadatan yang dimaksud adalah payudara hanya memiliki sedikit jaringan lemak dan banyak kelenjar jaringan susu. Kondisi inilah yang memicu enam kali lebih banyak pada perkembangan kanker.

Sayangnya sel-sel lain yang semakin padat, membuat penderita sulit melakukan skrining dengan mamografi serta menganalisa keakuratan adanya sel kanker. Berdasarkan penelitian ini, para peneliti pun meyakinkan faktor lingkungan menjadi salah satu faktor penyakit mematikan ini.

Kendati demikian, peneliti tidak menyarankan para wanita untuk pindah tempat tinggal. Namun, wanita dianjurkan untuk rutin melakukan deteksi dini sebagai bentuk pencegahan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3623 seconds (0.1#10.140)