Panduan Liburan Hemat ke Korea Selatan

Selasa, 11 April 2017 - 14:19 WIB
Panduan Liburan Hemat ke Korea Selatan
Panduan Liburan Hemat ke Korea Selatan
A A A
SEOUL - Korea Selatan terus menjadi incaran wisatawan dari berbagai negara, terutama wisatawan dari Indonesia. Sebab, tak hanya memiliki pemandangan dan kebudayaan yang indah, negara yang terkenal dengan sebutan negeri gingseng ini menyimpan banyak hal menarik.

Sayangnya, banyak yang menilai bahwa berlibur ke Korea Selatan cukup mahal. Nah, jika Anda tertarik mengunjungi negara ini, berikut panduan liburan murah yang bisa menjadi referensi Anda seperti dikutip dari Skyscanner.

1. Tiket pesawat
Korea Selatan memiliki tujuh bandara internasional dan Incheon sebagai bandara utama yang terhubung dengan berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Ada tiga penerbangan langsung dari Jakarta ke Seoul, dengan total 25 penerbangan selama seminggu. Namun harga termurah bisa didapatkan dari penerbangan yang membutuhkan transit terlebih dahulu, seperti Jakarta - Kuala Lumpur - Seoul.

Selain itu, waktu termurah untuk membeli tiket pesawat ke Korea Selatan adalah 19 minggu di awal. Anda juga bisa mencari beberapa alternatif rute berangkat dan pulang dari kota yang berbeda untuk menemukan harga penerbangan termurah. Setelah tiket pesawat, Anda harus mengurus visa.

2. Akomodasi
Korea Selatan memiliki sejumlah alternatif tempat penginapan murah. Hostel atau guesthouse memang tidak terlalu umum di Korea Selatan, tapi Anda masih bisa menemukannya di kota besar, termasuk Seoul. Harganya berkisar antara 15.000-25.000 Won untuk kamar asrama dan 25.000-40.000 Won untuk kamar pribadi. Selain hostel atau guesthouse, ada banyak pilihan penginapan lain yang bisa menghemat biaya, seperti minbak.

Bagi Anda yang gemar menonton drama Korea, pasti familiar dengan pemandian air panas atau jjimjilbang dan wisatawan sering menggunakannya sebagai alternatif penginapan. Selain pengunjung bisa mandi air hangat, jjimjilbang juga menyediakan tempat mandi, baju tidur, dan kadang restoran serta tempat menonton DVD. Dengan biaya masuk berkisar antara 5.000-15.000 Won, Anda bisa menginap setelah mandi air hangat.

3. Makanan

Harga makanan di Korea Selatan tergolong lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia. Makanan murah berkisar antara 4.000-5.000 Won, makanan standar berkisar antara 8.000-10.000 Won dan makanan mahal dibanderol di atas 15.000 Won. Untuk mencari makanan yang murah meriah, Anda bisa mencoba makanan khas Korea Selatan karena makanan ini tergolong lebih murah dan bisa ditemukan di pinggir jalan.

Anda juga dapat mencari makanan di Kimbap Cheonguk, yaitu semacam warteg Korea. Di sana, porsi makanan berukuran besar dan harganya di bawah 5.000 Won serta tempat ini buka selama 24 jam.

4. Transportasi dan objek wisata
Berbeda dengan biaya makanan, biaya transportasi di Korea Selatan tergolong cukup murah. Sesampainya di sana, Anda tinggal membeli T-Money, sebuah kartu yang bisa digunakan untuk membayar bus, subway, taksi bahkan barang belanjaan di beberapa convention store. Untuk berkeliling kota, Anda bisa menggunakan subway, bus, ataupun taksi yang biayanya tidak terlalu mahal. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan banyak tur gratis untuk memanjakan para wisatawan.

Anda bisa melihat jadwal tur gratis yang diinginkan di internet, mengisi formulir pendaftaran jika dibutuhkan, lalu datang ke tempat pertemuan. Anda juga bisa berkunjung ke Korean Tourism Office karena di sana tersedia banyak aktivitas yang bisa Anda ikuti, seperti belajar kaligrafi dan membuat kerajinan khas Korea, ataupun berfoto dengan pakaian tradisional Korea. Pilihan lainnya adalah museum khusus Hallyu atau Korean Wave yang bisa Anda kunjungi secara gratis. Dan yang pasti, Anda bisa naik Seoul City Tour Bus yang akan menurunkan Anda di objek-objek wisata yang ada di kota tanpa harus mengeluarkan biaya.

5. Belanja
Meski cukup mahal, tapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan barang murah atau bahkan gratis ketika berbelanja di Korea Selatan. Mainlah ke daerah Dongdaemun atau Myeongdong di Seoul, surganya tempat belanja murah. Anda bisa membeli kaus, gantungan kunci, dan berbagai oleh-oleh lain untuk teman dan keluarga di rumah.

Selain itu, Myeongdong juga merupakan surga bagi para wanita karena di sinilah tempat beragam make up murah yang bisa membuat wajah Anda secantik wajah artis Korea. Bahkan, Anda cukup berkeliling saja akan mendapatkan sampel gratis dari berbagai produk make up.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2479 seconds (0.1#10.140)