Ini Tips Rawat Rambut agar Lebih Sehat dan Kuat Tangkal Polusi Udara

Jum'at, 08 September 2023 - 11:11 WIB
loading...
Ini Tips Rawat Rambut agar Lebih Sehat dan Kuat Tangkal Polusi Udara
Partikel-partikel polutan di udara dapat mengendap pada rambut. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Polusi udara yang semakin parah dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Tidak hanya kulit tapi juga organ dalam tubuh, wajah, hingga rambut.

Pasalnya, partikel-partikel polutan di udara dapat mengendap pada rambut. Itu menyebabkan kerusakan dan ketidakseimbangan yang mempengaruhi keindahan serta kilau alami rambut.

Paparan sinar matahari yang terus-menerus juga dapat menyebabkan kerusakan struktur rambut hingga kering dan rapuh. Rambut kusam menjadi masalah yang umum dihadapi oleh banyak individu, terutama di kota-kota besar dengan tingkat polusi tinggi dan cuaca yang panas.

Dr. Ricky F Maharis Sp.DV, CO-Founder Votre Peau mengungkapkan, perawatan rambut yang tepat sangatlah penting, terlebih saat ini di mana polusi udara semakin tinggi menyerang.

"Guna menjaga kesehatan rambut di tengah ancaman polusi dan panas, penting untuk melakukan rutinitas perawatan rambut yang tepat," ujar Ricky.

Dokter Ricky lalu memberikan beberapa langkah penting dalam rutinitas perawatan rambut yang efektif, yakni sebagai berikut:

1. Bersihkan Rambut secara Teratur

Rambut harus dibersihkan secara teratur. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan idealnya cukup dua hingga tiga kali seminggu.

Menurut Dr. Ricky, hal ini penting dilakukan karena rambut rentan terhadap kotoran, minyak, produk perawatan, serta partikel-partikel lain yang dapat menumpuk di kulit kepala dan pada batang rambut itu sendiri.

"Jangan lupa untuk pilih sampo dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut kamu, baik itu rambut kering, berketombe maupun mudah rontok," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)