Ubanan di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Kamis, 13 April 2017 - 13:20 WIB
Ubanan di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung
Ubanan di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung
A A A
JAKARTA - Munculnya uban merupakan salah satu tanda penuaan. Namun, bagaimana jika uban muncul di usia muda? Penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa munculnya uban lebih dini meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Dilansir dari Telegraph, kondisi ini mengindikasikan kerusakan arteri yang menyuplai darah ke jantung. Para peneliti pun yakin bahwa mekanisme biologi yang memicu penyakit arteri koroner terkait timbulnya uban. Hal ini juga termasuk pada perbaikan DNA yang tidak sempurna, stres oksidatif, peradangan, perubahan hormonal dan berhentinya pertumbuhan sel.

Berdasarkan hasil penelitian ini, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi penyakit jantung dengan hanya melihat warna rambut mereka. "Atherosclerosis (penyakit arteri) dan uban muncul melalui jalur biologis yang mirip dan insiden keduanya meningkat seiring usia," papar ahli kardiolog di Cairo University di Mesir, Dr Irini Samuel.

Selain menunjukkan usia kronologis, Dr Samuel menambahkan bahwa uban mengindikasikan usia biologis. Selain itu, munculnya uban juga menjadi peringatan adanya peningkatan risiko kardiovaskular. Di mana rambut yang memutih menjadi prediktor tunggal dari penyempitan dan pengerasan pembuluh darah koroner bersamaan dengan tekanan darah tinggi serta kadar lemak darah yang tidak normal.

Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan dengan adanya koordinasi bersama ahli dermatologi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyebab genetik dan faktor lingkungan yang bisa dihindari yang menyebabkan uban.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4609 seconds (0.1#10.140)