Ini Destinasi Ramah Visa yang Dapat Dikunjungi

Jum'at, 14 April 2017 - 04:02 WIB
Ini Destinasi Ramah Visa yang Dapat Dikunjungi
Ini Destinasi Ramah Visa yang Dapat Dikunjungi
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini sejumlah negara telah memperbarui regulasi dan persyaratan visa mereka. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan bagi para penggila travel, tak terkecuali Indonesia.

Mesin pencarian travel global Skyscanner pun merilis informasi tentang cara terbaik untuk merencanakan wisata internasional bagi warga Indonesia tahun ini dengan mengeluarkan grafik untuk menunjukkan biaya tiket pulang-pergi, apakah tujuannya mudah dicapai dengan paspor Indonesia dan apakah tempat tujuan memiliki biaya hidup yang bersahabat relatif terhadap mata uang Rupiah?

Tiket pulang-pergi terjangkau menurut Skyscanner.co.id memiliki harga di bawah Rp10 juta (USD800). Sementara, klasifikasi biaya hidup terjangkau adalah rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi satu hari di lokasi wisata bila dibandingkan dengan Rupiah.

Klasifikasi “ramah visa” didasari atas keperluan visa untuk destinasi tujuan serta tingkat kemudahan memperoleh visa. "Dengan negara-negara seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan yang melonggarkan regulasi visa mereka bagi warga Indonesia, merencanakan liburan ke destinasi tersebut menjadi lebih mudah bagi wisatawan Indonesia," kata Senior Marketing Manager Skyscanner Yulianto Balawan melalui keterangan resminya, Kamis (13/4/2017).

“Terlebih lagi dengan menggunakan fitur yang ada, seperti ‘Month-View’ untuk melihat bulan termurah ketika berlibur ke tujuan tersebut, ‘Ke Mana Saja’ untuk mencari inspirasi tujuan selanjutnya, atau ‘Info Harga’ untuk selalu memantau perubahan harga, wisatawan Indonesia dapat menghemat waktu dan biaya, serta menjadi wisatawan yang cerdas,” tambah dia.

Berikut destinasi terpilih berdasarkan pertimbangan tiga faktor utama:

Biaya tiket pulang-pergi menuju destinasi (Rp10 juta ke bawah merupakan harga tiket yang terjangkau), biaya hidup di lokasi wisata (Rp106 ribu ke bawah merupakan harga konsumsi harian yang terjangkau).

Seoul, Korea Selatan bersama dua kota di Jepang, yakni Tokyo dan Osaka merupakan tujuan populer bagi warga Indonesia yang ingin mengunjungi Asia. Hal yang sama juga berlaku untuk Hongkong, destinasi menarik bagi para petualang Indonesia.

Singapura juga masih menjadi pilihan baik bagi Indonesia yang ingin ke luar negeri. Tiket pulang-pergi ke Singapura biasanya meraup biaya kurang dari Rp4 juta. Sementara, dari biaya konsumsi per hari, Singapura cukup bersahabat untuk orang Indonesia. Negara tetangga Indonesia ini masuk dalam tujuan ramah visa. Hal yang sama berlaku untuk Kuala Lumpur, Malaysia dan Thailand, khususnya Bangkok. Ketiga destinasi ini merupakan pilihan bijak untuk tujuan wisata di 2017.

Seperti yang dapat dilihat, Perth menjadi satu-satunya tujuan di Australia yang bisa dianggap “ramah biaya” berdasarkan klasifikasi Skyscanner.co.id. Namun, lokasi itu kurang ramah visa dan biaya hidupnya kurang terjangkau bagi pelancong Tanah Air.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)