Anak Bermain Gadget, Ini 3 Bahaya bagi Kesehatannya

Jum'at, 14 April 2017 - 19:14 WIB
Anak Bermain Gadget, Ini 3 Bahaya bagi Kesehatannya
Anak Bermain Gadget, Ini 3 Bahaya bagi Kesehatannya
A A A
LOS ANGELES - Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat beberapa gadget, ponsel pintar atau tablet terus berkembang. Namun, bagi orang tua yang sudah memperkenalkan gadget pada anak, harus mewaspadainya, khususnya terkait masalah kesehatan si kecil.

Penggunaan ponsel pintar atau tablet yang sering dimainkan anak ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mengutip TheHealthsite, ada tiga ancaman kesehatan anak saat bermain gadget:

1. Merusak Mata
Sinar yang berada di gadget ternyata bisa merusak mata anak. Ini karena biasanya anak bertatapan dengan sinar dari ponsel terlalu dekat dan anak sering bermain alat canggih itu. Kerusakan bisa dimulai dengan menggunakan kacamata minus di usia dini.

2. Memperlambat Kinerja Otak
Ada baiknya para orang tua harus menjauhi gadget dari si kecil, terlebih jika anak sudah sering menggunakan gadget dan menjadi kebiasaan. Anak yang sudah kecanduan gadget dengan berbagai permainan yang ditampilkan bisa menggangu otak. Sebab, sinar elektromagnetik yang ada di alat teknologi canggih itu memperlambat kinerja otak anak.

Anak pun menjadi sulit menerima dan menangkap beberapa respon, khususnya bagi anak yang telah sekolah, gedget akan mengganggu pelajaran.

3. Merusak Tulang Belakang
Tanpa disadari, anak yang sering bermain gadget akan memangku benda tersebut di bagian tubuh dan anak kerap berganti posisi dduduk. Itu bisa menggangu perkembangan tulang pada si kecil. Alasannya, tulang belakang tidak bisa bekerja dengan baik. Tulang belakang yang sulit bekerja ini bisa membuat perkembangan sistem tulang si kecil menjadi lambat.

Tentunya akan mempengarungi postur tubuh anak untuk ke depannya. Salah satunya membuat si kecil menjadi pendek, di mana yang seharusnya bisa tumbuh lebih tinggi. Oleh karena itu, orang tua harus tegas dalam memberikan gadget pada anak.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7839 seconds (0.1#10.140)