7 Manfaat Diet Sehat yang Harus Kamu Ketahui, Nggak Cuma Atur Pola Makan

Senin, 11 September 2023 - 15:23 WIB
loading...
7 Manfaat Diet Sehat yang Harus Kamu Ketahui, Nggak Cuma Atur Pola Makan
Ada banyak manfaat diet sehat yang harus diketahui. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Ketahui manfaat diet sehat yang kamu lakukan. Sebab, diet yang salah dan tidak sesuai petunjuk medis, bakal berujung pada munculnya penyakit baru.

Sejatinya, diet merupakan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang cara dan sumber makanannya diatur. Gunanya, untuk mencapai atau menjaga berat badan yang ideal.

Mengonsumsi serat misalnya, diyakini dapat membuat tubuh bebas dari masalah obesitas. Selain makanan, Anda juga bisa mengatur berat badan dengan cara mengonsumsi minuman sehat. Sebaiknya, konsumsi minuman bebas gula.



Seiring dengan bertambahnya pengetahuan medis, manfaat diet ternyata tidak hanya sekadar membentuk tubuh yang ideal atau menurunkan berat badan. Masih banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapat dari diet sehat.

Nah, berikut ini tujuh manfaat diet sehat yang harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk mengatur pola makan.

Manfaat Diet Sehat

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah meningkat seiring dengan naiknya berat badan. Para ahli setuju bahwa berat badan berlebih dan obesitas dapat menjadi faktor risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penurunan tekanan darah tentunya dapat menjadi manfaat diet yang berefek signifikan untuk kesehatan secara umum.

2. Mengendalikan Kolesterol

Diet terbukti dapat mengendalikan kolesterol. Menerapkan diet sehat dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL, kadar kolesterol total, dan trigliserida. Di saat yang sama, diet juga bermanfaat untuk menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut berbagai studi, lemak di perut menghasilkan senyawa yang kemudian menurunkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin dalam penggunaan glukosa. Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan kenaikan gula darah karena sulit digunakan oleh sel menjadi energi. Menerapkan diet pengurusan badan yang sehat dan berkelanjutan menjadi salah satu cara menurunkan risiko diabetes.


4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kelebihan berat badan menjadi faktor risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Kondisi yang berkaitan dengan obesitas, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi, juga menjadi indikator kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah. Dengan melakukan diet untuk menurunkan berat badan, kita dapat memetik manfaatnya berupa penurunan risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi Nyeri Sendi

Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan nyeri pada sendi. Berat badan yang tak sehat juga menambahkan tekanan pada sendi tertentu, seperti sendi yang ada di lutut. Bila Anda memang memiliki berat berlebih dan kerap merasakan nyeri sendi, seperti di lutut, menerapkan diet dan mulai mencoba menurunkan bobot tentu sangat disarankan.

6. Menurunkan Risiko Stroke

Menurut studi besar yang dipublikasikan dalam JAMA Neurology, stroke rentan dialami oleh pasien yang lebih muda dengan indeks massa tubuh yang tinggi. Hipertensi, yang erat kaitannya dengan obesitas, memang dapat meningkatkan risiko stroke. Berat badan berlebih juga ditandai dengan indikator kesehatan lain yang tak normal, seperti kadar kolesterol dan kadar gula darah, yang kemudian berisiko memicu pembentukan gumpalan darah pemicu stroke di jantung dan otak.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Studi menyatakan, ada kaitan antara kadar lemak tubuh yang tinggi dengan bermacam jenis kanker, mulai dari kanker endometrium, kanker kerongkongan, hingga kanker hati. Para ahli kesehatan juga sepakat, berat badan berlebih dikaitkan dengan peradangan kronis di dalam tubuh, yang pada akhirnya juga meningkatkan risiko kanker.

Itulah berbagai manfaat diet sehat. Dapatkan produk kesehatan lainnya dengan harga menarik dan gratis ongkir hanya di AladinMall. Untuk mendapatkan promo belanja hemat lainnya, download langsung aplikasi AladinMall di Play Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)