alexa snippet

Benarkah Susu Kambing Mentah Baik untuk Kesehatan?

Benarkah Susu Kambing Mentah Baik untuk Kesehatan?
Susu kambing mentah dipercaya memiliki banyak manfaat. Namun, para ahli belum setuju. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
LOS ANGELES - Aktris sekaligus penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat, Gwyneth Paltrow mengaku gemar mengkonsumsi susu kambing mentah selama delapan hari. Apakah minum susu kambing baik untuk kesehatan?

Bintang film Iron Man 3 itu mengaku susu kambing dipercaya mampu menyingkirkan parasit di tubuhnya. Dijelaskan dia, parasit merupakan salah satu penyebab wanita merasa buruk.

Dilansir Daily Star, apa yang dijelaskan artis cantik itu ternyata belum disetujui para ahli. Mereka belum menemukan manfaat dari mengonsumsi susu kambing mentah. Bahkan, para ahli menilai minuman ini hanya bisa membuat perut menjadi kembung.

"Anda mungkin akan memiliki lebih banyak gas dalam perut," kata gastroenterologist di Massachusetts General Hospital, Dr Kyle Staller.

Sama seperti susu sapi, susu kambing mentah juga mengandung laktosa atau sejenis karbohidrat yang diklasifikasikan sebagai FODMAP. Laktosa dan FODMAP pun bisa berubah menjadi gas oleh bakteri dalam tubuh.

"Kita semua mengonsumsi susu dan kita semua mendapatkan lebih banyak gas ketika kita memakannya," jelasnya.

Staller pun menegaskan, produk susu yang tidak dipasteurisasi mengandung parasit yang berpotensi menyebabkan infeksi, termasuk toksoplasmosis, yang bisa menyebabkan demam, sakit kepala hingga masalah kesehatan serius lainnya.

Minum susu yang tidak dipasteurisasi juga memicu brucellosis, infeksi parasit lain yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot.

"Saya berpendapat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan parasit dengan minum susu kambing mentah," pungkasnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top