Korban Tewas Gempa Maroko Lebih dari 2.800 Orang, Tim Penyelamat Internasional Mulai Berdatangan

Selasa, 12 September 2023 - 15:04 WIB
loading...
Korban Tewas Gempa Maroko Lebih dari 2.800 Orang, Tim Penyelamat Internasional Mulai Berdatangan
Tim penyelamat menggali puing-puing bangunan untuk mencari korban gempa bumi dahsyat yang mengguncang Maroko. Foto/REUTERS/Nacho Doce TPX
A A A
TINMEL - Sejumlah penduduk desa Maroko yang dilanda gempa bumi terbesar di negara itu terpaksa berkemah pada malam keempat, ketika jumlah korban tewas meningkat menjadi lebih dari 2.800 orang.

Timpenyelamatdari Spanyol, Inggris dan Qatar bergabung dalam upaya Maroko untuk menemukan korban selamat dari gempa berkekuatan 6,8 skala richter yang melanda Pegunungan High Atlas pada Jumat malam, meratakan rumah-rumah bata lumpur tradisional yang ada di mana-mana di wilayah tersebut.

Stasiun TV pemerintah melaporkan pada Senin malam bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 2.862 orang, dan 2.562 orang terluka. Karena sebagian besar zona gempa berada di daerah yang sulit dijangkau, pihak berwenang belum mengeluarkan perkiraan jumlah orang hilang.

Di desa Tinmel, hampir setiap rumah hancur dan seluruh masyarakat kehilangan tempat tinggal. Bau bangkai puluhan hewan yang terkubur di bawah reruntuhan tercium hingga ke sebagian desa.

Mouhamad Elhasan (59) mengatakan dia sedang makan malam bersama keluarganya ketika gempa terjadi. Putranya yang berusia 31 tahun melarikan diri ke luar dan tertabrak ketika atap rumah tetangga mereka runtuh, menjebaknya di bawah reruntuhan.

Elhasan mengatakan dia mencari putranya sambil menangis minta tolong. Namun akhirnya tangisannya berhenti, dan saat dia mencapai putranya, dia sudah meninggal. Elhasan beserta istri dan putrinya tetap berada di dalam rumah mereka dan selamat.

“Jika dia tetap tinggal di dalam rumah, dia akan baik-baik saja,” kata Elhasan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/9/2023).



Di Tinmel dan desa-desa lain, warga mengatakan mereka menarik orang keluar dari reruntuhan dengan tangan kosong.

Di Tikekhte, di mana hanya sedikit bangunan yang masih berdiri, Mohamed Ouchen (66), menggambarkan bagaimana warga menyelamatkan 25 orang – salah satunya adalah saudara perempuannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)