Film Autobiography Akan Dikirim ke Ajang Oscar 2024 Mewakili Indonesia

Rabu, 13 September 2023 - 11:34 WIB
loading...
Film Autobiography Akan Dikirim ke Ajang Oscar 2024 Mewakili Indonesia
Autobiography terpilih sebagai film yang akan dikirim ke ajang Oscar ke-96 tahun depan mewakili Indonesia. Foto/IMDb
A A A
JAKARTA - Autobiography terpilih sebagai film yang akan dikirim ke ajang Oscar ke-96 tahun depan mewakili Indonesia.

Kabar itu disampaikan oleh Lukman Sardi, aktor yang turut membintangi film Autobiography, melalui unggahan di Instagram Story.

Film besutan sutradara Makbul Mubarak itu akan mengikuti kompetisi dalam kategori International Feature Film di ajang Academy Awards 2024, yang bakal berlangsung di Amerika Serikat. Keputusan ini diambil oleh Komite Seleksi (Komsel) Oscar Indonesia usai menonton beberapa film unggulan dan dilanjutkan dengan diskusi di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, pada Senin (11/9/2023) malam.



Komsel sendiri terdiri atas sembilan insan perfilman yang namanya sudah tak asing lagi di Indonesia. Yaitu Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti, dan Deddy Mizwar.

Proses seleksi dilakukan dari 100 judul film yang tayang dari 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023.

Komsel dibentuk oleh Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pada akhir Juli lalu dan telah mendapat persetujuan dari pihak Academy Awards.

Penghargaan Academy Awards kategori International Feature Film diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris.

Film Autobiography berfokus pada hubungan pelayan dan tuannya yang memiliki keterikatan begitu kuat. Bermula dari kisah seorang pemuda bernama Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong milik Purna (Arswendy Bening Swara), pensiunan jenderal yang keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah pedesaan di Indonesia.



Suatu hari, Purna kembali ke rumah tersebut sendirian untuk memulai kampanye pemilihan bupati. Rakib mendadak mendapat kepercayaan untuk terus mengabdi kepada Purna.

Tak hanya menjadi pengurus rumah tangga, Rakib juga menjalani peran sebagai asisten Purna dan menemani Purna ke mana pun dia pergi. Bahkan, kedekatan Rakib dan Purna kerap terlihat bak ayah dan anak.

Pada satu waktu, poster pemilihan Purna ditemukan rusak. Melihat itu, Rakib bergegas untuk melacak pelakunya. Sayang, upayanya itu ternyata memicu rantai kekerasan yang terus meningkat.

Selain Kevin Ardilova dan Arswendy Bening Swara, film yang menyabet Piala Citra FFI 2022 kategori Penulis Skenario Asli Terbaik ini turut dibintangi Lukman Sardi dan Yusuf Mahardika.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)