5 Penyebab Pergelangan Kaki Nyeri Tiba-tiba, Salah Satunya Rematik

Rabu, 13 September 2023 - 16:13 WIB
loading...
5 Penyebab Pergelangan Kaki Nyeri Tiba-tiba, Salah Satunya Rematik
Penyebab pergelangan kaki nyeri tiba-tiba tanpa cidera bisa dikarenakan banyak hal. Termasuk autoimun, berbagai jenis artritis, dan masalah kesejajaran kaki. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab pergelangan kaki nyeri tiba-tiba tanpa cidera bisa dikarenakan banyak hal yang mendasarinya. Termasuk kondisi autoimun, berbagai jenis artritis, dan masalah kesejajaran kaki.

Penyakit lupus dan arthritis juga bisa menyebabkan pergelangan kaki nyeri jika tidak diobati. Kondisi lainnya adalah rheumatoid arthritis atau rematik yang biasanya terjadi pada pergelangan kaki.

Berikut penyebab pergelangan kaki nyeri tiba-tiba dilansir dari Medical News Today, Rabu (13/9/2023).

Penyebab Pergelangan Kaki Nyeri Tiba-tiba





1. Osteroartritis


Osteoartritis (OA) adalah bentuk radang sendi yang paling umum, dan dapat terjadi pada sendi pergelangan kaki. OA pada pergelangan kaki terjadi karena keausan sendi yang menyebabkan tulang rawan dan tulang rusak dan berubah.

Gejala umum OA meliputi nyeri, pegal, atau bengkak pada pergelangan kaki, kekakuan pada pergelangan kaki, terutama pada pagi hari atau setelah istirahat, kurangnya fleksibilitas, rentang gerak, ketidakstabilan, atau kelonggaran pada sendi pergelangan kaki.

2. Reactive Arthritis


Reactive arthritis adalah penyakit peradangan yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi pada saluran pencernaan, saluran kemih, atau alat kelamin. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dan peradangan yang datang secara tiba-tiba, dan mempengaruhi persendian seperti pergelangan kaki.

Gejala kondisi ini biasanya mulai 2-4 minggu setelah infeksi. Begitu gejala mulai muncul, biasanya berkembang dalam beberapa hari. Beberapa orang mengalami gejala ringan, sementara yang lain mengalami gejala lebih parah yang memengaruhi aktivitas sehari-hari. Gejala paling umum adalah peradangan dan nyeri.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2727 seconds (0.1#10.140)