4 Sekte Sesat yang Mengerikan di Indonesia

Kamis, 14 September 2023 - 16:50 WIB
loading...
4 Sekte Sesat yang Mengerikan di Indonesia
Tak hanya kepercayaan yang lazim di masyarakat, namun ada juga sekte. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara dengan keragaman budaya dan kepercayaan. Sebagian daerah bahkan terkenal dengan kepercayaan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Rupanya tak hanya kepercayaan yang lazim di masyarakat, namun ada juga sekte. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "sekte" adalah kelompok orang yang mempunyai kepercayaan atau pandangan agama yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh para penganut agama tersebut.

Sekte yang ada justru tergolong sekte sesat. Bahkan, beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan berita kematian satu keluarga yang jasadnya ditemukan mengering di rumah.
Dari penyelidikan yang ada, kematian keluarga tersebut dikaitkan dengan sekte sesat. Kelompok satu ini dipimpin oleh pemimpin yang mengajarkan sejumlah hal menyimpang dari ajaran sebenarnya.

Umumnya, pemimpin aliran tersebut membuat kelompok dan mencari banyak pengikut serta mengajarkan berbagai praktik di luar nalar. Beberapa pendirinya bahkan mengaku menjadi nabi, rasul, orang kudus, dan ada pula yang mengaku Tuhan.

Penasaran apa saja sekte sesat yang mengerikan di Indonesia? Yuk, simak penjelasanya berikut ini.
4 Sekte Sesat yang Mengerikan di Indonesia

Foto/Roov.id

Satria Piningit Weteng Buwono

Agus Imam Solihin alias Agus Noro alias Papi adalah pemimpin aliran Satrio Piningit Weteng Buwono. Ia diketahui telah menjalankan aliran yang dinilai menyimpang dari ajaran agama Islam.
Tak tanggung-tanggung, Agus juga menyatakan dirinya sebagai Tuhan di hadapan jamaahnya dari tahun 2015-2016. Ajaran sekte ini cukup mengingat Tuhan sama dengan shalat.

Tak hanya itu, membayar zakat juga wajib bagi yang sudah bekerja saja. Agus juga pernah memerintahkan pasangan suami istri untuk melakukan hubungan seksual secara beramai-ramai dalam satu ruangan.

Lantaran ajarannya yang sesat, hakim menjatuhkan hukuman 2 tahun 6 bulan atau 2,5 tahun penjara terhadap Agus Imam Solihin sebab telah melanggar pasal 156a tentang Penodaan Agama.

Kerajaan Ubur-Ubur

Sekte sesat kedua adalah kerajaan ubur-ubur. Sekte ini dinilai menyesatkan sebab aktivitas melaksanakan ritual zikir pada malam Jumat kemudian diakhiri dengan nyanyian dan tari-tarian.

Para pengikutnya menganggap dengan berdzikir semalam suntuk dapat mempermudah membuka kunci harta karun yang terpendam di Nusantara. Aliran sesat ini dibentuk oleh pasangan suami istri bernama Rudi dan Aisyah.

Keduanya dikenal warga tidak pernah shalat berjamaah di masjid ataupun mushola dekat rumah. Pengikut aliran sesat ini mayoritas warga Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Aliran Surga Adn

Nama Ahmad Tantowi menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu setelah menyebarkan ajaran yang jauh menyimpang. Ia diketahui tidak mewajibkan para pengikutnya untuk melakukan shalat.

Selain itu, aliran ini juga memiliki ajaran berinfak tersendiri. Para pengikutnya wajib menyetorkan setoran 10 persen dari penghasilan mereka kepada sang pimpinan, lalu setiap pengikut diwajibkan menyetor uang rata-rata Rp3-4 juta setiap bulan.

Salah satu ajaran yang sangat menghebohkan dari aliran ini adalah kebebasan seksual. Sebagai seorang pimpinan, Tantowi boleh menggauli pengikut perempuan mana pun yang dikehendakinya.
Untuk meyakinkan para pengikutnya, Tantowi mengajarkan bahwa hubungan seksual itu adalah bentuk ritual dari penyucian diri. Parahnya lagi, ia merekam adegan-adegan seksual dengan para pengikutnya.

Lia Eden

Lia Eden atau yang dikenal dengan nama Lia Aminudin juga membuat heboh masyarakat sebab mengaku sebagai penyebar wahyu dari malaikat Jibril dan reinkarnasi Bunda Maria.

Pada Agustus 1999, Lia bersama 75 orang jemaah Salamullah melakukan ritual memerangi Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Ritual yang dilakukan di bibir pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, itu disebut untuk membinasakan Nyi Roro Kidul, yang mereka anggap lambang kemusyrikan.

Hal lain yang menggemparkan terjadi pada Mei 2015, salah satunya terkait kedatangan UFO. Ia bahkan sempat meminta izin kepada Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, untuk mendaratkan UFO tersebut di Monas.

Wanita yang mengaku Rasul ini juga mengingatkan tentang akhir zaman yang terjadi pada akhir Mei 2015. Disebutkan, UFO yang rencananya didaratkan di Monas itu, akan membawanya dan pengikutnya ke surga.

Rupanya tak hanya keempat sekte tersebut, ada juga sekte sesat lainnya yakni Sekte Satanic. Konon, satan atau setan adalah makhluk yang pada mulanya malaikat Tuhan yang memberontak dan akhirnya Tuhan murka dan membuangnya ke bumi.
Satan menjadi dendam terhadap manusia dan ingin membalaskannya terhadap keturunannya sampai selama-lamanya.

Penasaran kan dengan kisahnya? Kamu bisa dengerin di Live Jero Podcast Semedi Eps. Sekte Satanic hari ini Kamis, 14 september 2023 pukul 20.00 WIB hanya di Audio+ RCTI+ exclusive hanya di ROOV.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)