Hotel Bintang 7, Apakah Benar-Benar Ada?

Kamis, 14 September 2023 - 23:10 WIB
loading...
Hotel Bintang 7, Apakah Benar-Benar Ada?
Burj Al Arab Jumeirah di Dubai digadang-gadang sebagai hotel bintang tujuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Hotel di Indonesia cukup menjamur. Apalagi karena adanya potensi wisata di berbagai daerah, membuat dunia perhotelan di Tanah Air terbilang cukup maju.

Anda mungkin sering mendengar atau bahkan pernah mencoba menginap di hotel bintang 1 hingga 6. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang hotel bintang 7? Apakah hotel seperti itu benar-benar ada?

Sebenarnya, hotel bintang 5 atau 6 telah memiliki kualitas dan pelayanan yang sangat baik. Bahkan, di sektor hotel, bintang tertinggi adalah bintang 5.



Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani.

“Di sektor hotel hanya dikenal bintang tertinggi adalah bintang 5,” ujar Hariyadi kepada MNC Portal, Kamis (14/9/2023).

Hotel berbintang sebenarnya hotel yang telah dikategorikan memenuhi penilaian penggolongan kelas hotel. Biasanya, penggolongan kelas ini hanya berlaku dari satu hingga lima.

Namun, memang ada beberapa penginapan di dunia yang memiliki kriteria melebihi bintang lima, bahkan mencapai bintang tujuh. Berbagai kualitas pelayanan hingga kemewahan hotel juga kerap berbanding lurus dengan label bintangnya.

Itu artinya, semakin mewah hotel, semakin tinggi pula tingkat bintangnya. Begitu pun sebaliknya.

Karena itu, meskipun bintang 5 menjadi kategori bintang tertinggi di sektor hotel, namun mulai banyak hotel yang menawarkan kemewahan yang membuat mereka akhirnya dilabeli dengan hotel bintang 7.

Asal-usul Label Hotel Bintang 7

Dilansir dari laman Luxatix, label hotel bintang 7 bermula dari seorang jurnalis yang meliput pembukaan ikon Burj Al Arab Jumeirah di Dubai pada 1999.

Terkejut dengan kemegahan konstruksi yang akhirnya menjadi simbol Dubai, jurnalis tersebut memunculkan istilah bintang tujuh untuk mengekspresikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)